Kabupaten Ini Terkenal Masjid Terbesar di Asia Tenggara, Ternyata Ini Fakta Menarik Kayong Utara di Kalbar dan Hal Unik Lainnya

Kabupaten Ini Terkenal Masjid Terbesar di Asia Tenggara, Ternyata Ini Fakta Menarik Kayong Utara di Kalbar dan Hal Unik Lainnya

daerah-Pexels/pixabay-

RIVAL.co.id - Kabupaten Ini Terkenal Masjid Terbesar di Asia Tenggara, Ternyata Ini Fakta Menarik Kayong Utara di Kalbar dan Hal Unik Lainnya. 

Kabupaten Kayong Utara, yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Ketapang, adalah sebuah daerah yang kaya akan keunikan dan potensi alam yang menakjubkan.



adv

Berikut adalah beberapa fakta menarik dan potensi wisata yang bisa ditemukan di wilayah ini:

Nama "Kayong Utara" berasal dari sejarah dan identitas masyarakat setempat. Masyarakat di wilayah ini enggan melepaskan identitas mereka sebagai "Kayong," yang merupakan sebutan untuk wilayah Ketapang secara keseluruhan.

"Kayong" dapat diartikan sebagai "tanah," sementara "Utara" merujuk pada posisi geografis kabupaten ini yang berada di utara Kabupaten Ketapang.


mg2

Menariknya, Kayong juga merujuk pada nama sebuah tumbuhan yang tumbuh subur di muara sungai, memberikan kesan keindahan alam yang kaya di wilayah ini.

Kabupaten Kayong Utara memiliki kehormatan menjadi tuan rumah bagi Taman Nasional Gunung Palung, yang terletak di Kecamatan Simpang Hilir.

Taman nasional ini adalah rumah bagi lebih dari 2.500 orangutan dan berbagai jenis fauna langka seperti bekantan, kelempiau, dan Kijang Mini, yang hanya dapat ditemukan di kawasan ini.

Selain fauna yang luar biasa, taman nasional ini juga memiliki flora yang kaya, termasuk pohon jelutung, pohon damar, dan anggrek hitam.

Baca juga: Bukan Jakarta Tugu Republik Indonesia Serikat Ada di Kalbar, Ternyata Ini Fakta Menarik Melawai yang Jarang Diketahui

Baca juga: Fakta Menarik Bengkayang Kalbar yang Bikin Kaget! Pernah Jadi Pusat Militer Belanda? Ternyata Ini Hal Unik Lainnya

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr