Ngak Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Fakta-Fakta Menarik, Sejarah dan Asal-Usul Pandeglang Banten

Ngak Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Fakta-Fakta Menarik, Sejarah dan Asal-Usul Pandeglang Banten

Pandeglang--

RIVAL.co.id - Kabupaten Pandeglang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Banten, dengan ibu kota bernama Pandeglang juga. Pandeglang merupakan kabupaten paling barat di Pulau Jawa.

Luas wilayah Kabupaten Pandeglang mencapai 2.746,89 kilometer persegi, termasuk beberapa pulau kecil di Samudera Hindia. Pulau-pulau kecil ini antara lain Pulau Panaitan, Pulau Deli, dan Pulau Tinjil. Selain itu, kabupaten ini juga memiliki Taman Nasional Ujung Kulon.



adv

Baca juga: Gak Nyangka! Dapet Saldo DANA Gratis Rp500.000 Hanya dengan Isi Survey, Simak Caranya!

Baca juga: Loh Yo Opo Rek! Malang Bakal Pecah Jadi Dua Bagian? Waduh Isu Pemekaran Jawa Timur Makin Kuat, Wilayah Ini Terpaksa Keluar

Pandeglang ditandai oleh beberapa gunung dan sungai, termasuk Gunung Karang, Gunung Pulosari, dan Gunung Aseupan, serta Sungai Ciliman yang mengalir ke arah barat dan Sungai Cibaliung yang mengalir ke selatan.


mg2

Sejarah Kabupaten Pandeglang

Pemerintahan di Pandeglang sudah ada sejak tahun 1828. Saat itu, berdasarkan Staatsblad Belanda, Pandeglang merupakan bagian dari Kabupaten Serang.

Dalam aturan tersebut, Kabupaten Serang memiliki 11 kawedanan, salah satunya Kawedanan Pandeglang.

Kawedanan Pandeglang ini terdiri dari dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Pandeglang dan Kecamatan Cadasari.

Kemudian bentuk pemerintahan ini diubah melalui Staatsblad Nomor 73 Tahun 1874. Dalam aturan baru ini, Pandeglang resmi berstatus kabupaten.

Baca juga: Wah Bikin Geger! Akun Instagram Kebun Binatang Surabaya Posting Foto Anies Cak Imin Hingga Viral Promo Capres 2024, Keterangan Postingnya Bikin Gagal Salfok, Ada Apa?

Baca juga: Sosok Orator Ulung Demo Pulau Rempang Curi Perhatian, Siapakah Bang Long? Ternyata Bukan Orang Sembarangan Lulusan Kampus Ini

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr