Asal Usul Nama Kabupaten Melawai yang di Kalbar Ternyata Berasal dari Bahasa Dayak, Artinya Ini Unik Banget

Asal Usul Nama Kabupaten Melawai yang di Kalbar Ternyata Berasal dari Bahasa Dayak, Artinya Ini Unik Banget

daerah-gautam-krishn/unplash-

RIVAL.co.id - Asal Usul Nama Kabupaten Melawai yang di Kalbar Ternyata Berasal dari Bahasa Dayak, Artinya Ini Unik Banget. 

Asal usul nama daerah Melawai di Kalimantan Barat, Indonesia, juga memiliki latar belakang sejarah dan budaya yang menarik. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai asal usul nama Melawai:



adv

Asal Bahasa Lokal: Nama "Melawai" berasal dari bahasa Dayak, kelompok etnis pribumi yang mendiami wilayah Kalimantan Barat.

Dalam bahasa Dayak, kata "Melawai" memiliki makna khas yang berkaitan dengan ciri geografis atau sejarah daerah tersebut.

Kemungkinan Makna Nama: Makna nama "Melawai" dalam bahasa Dayak dapat bervariasi tergantung pada dialek dan konteksnya. Namun, sejumlah kemungkinan makna telah diajukan:


mg2

"Melawai" bisa merujuk kepada matahari terbenam (sunset) yang dilihat dari wilayah tersebut. Melawai terletak di dekat pantai barat Kalimantan, sehingga matahari terbenam di laut dapat menjadi pemandangan yang indah di sana.

Ada juga teori yang mengatakan bahwa "Melawai" dapat berarti "dataran rendah" atau "tempat yang datar," yang mungkin merujuk kepada ciri geografis daerah tersebut yang terletak di dataran rendah atau dataran banjir.

Baca juga: Bukan Jakarta Tugu Republik Indonesia Serikat Ada di Kalbar, Ternyata Ini Fakta Menarik Melawai yang Jarang Diketahui

Baca juga: Fakta Menarik Bengkayang Kalbar yang Bikin Kaget! Pernah Jadi Pusat Militer Belanda? Ternyata Ini Hal Unik Lainnya

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr