Apa Itu Karhutla? Ramai Lahan di Lereng Gunung Argopuro Hangus Terdampak Cuaca Ekstrim Panas

Apa Itu Karhutla? Ramai Lahan di Lereng Gunung Argopuro Hangus Terdampak Cuaca Ekstrim Panas

Waspada Bro! 7 Daerah di Indo Terancam Kekeringan Bikin BMKG Deg-Degan, Panasnya Bukan Maen!-UNPLASH-

RIVAL.co.id - Apa Itu Karhutla? Ramai Lahan di Lereng Gunung Argopuro Hangus Terdampak Cuaca Ekstrim Panas. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo telah mengonfirmasi perkembangan karhutla di lereng Gunung Argopuro, yang melibatkan sekitar 10 hektare (ha) lahan.



adv

Sruwi Hartanto, selaku Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, memberikan penjelasan tentang insiden karhutla ini yang telah terjadi sejak Kamis, 12 Oktober, di wilayah Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang.

Kebakaran hutan dan lahan ini telah mempengaruhi Blok Serendeng petak 6a-1 RPH Sumbermalang, yang termasuk dalam BKPH Besuki, KPH Bondowoso.

Kejadian pertama kali terdeteksi pada Kamis, 12 Oktober 2023, sekitar pukul 18.00 WIB. Namun, proses pemadaman karhutla tidak berjalan dengan lancar karena beberapa titik api berlokasi di daerah yang terjal.


mg2

BPBD Situbondo telah melakukan upaya pemadaman karhutla dengan bekerja sama dengan personel RPH Sumbermalang serta melibatkan anggota LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) yang memiliki pengetahuan tentang lokasi titik api.

Baca juga: TOK! Cibaliung Ini Bakal Berubah Jadi Kabupaten, Cek 8 Kecamatan Ini Pilih Keluar Pandeglang Demi Masuk Wilayah Baru

Baca juga: Surabaya Tetap Bertahan? Fakta-fakta Menarik Tentang Wacana Pemekaran Jawa Timur, Hempas Sampai Tuntas!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr