Kronologi 10 Hektare Lahan di Lereng Gunung Argopuro Hangus Terbakar Sebab Karhutla, Apa Ada Korban Jiwa?

Kronologi 10 Hektare Lahan di Lereng Gunung Argopuro Hangus Terbakar Sebab Karhutla, Apa Ada Korban Jiwa?

gunung-fery-andriyansah/unplash-

RIVAL.co.id - Kronologi 10 Hektare Lahan di Lereng Gunung Argopuro Hangus Terbakar Sebab Karhutla, Apa Ada Korban Jiwa?

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo mengonfirmasi bahwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Argopuro telah melibatkan sekitar 10 hektare (ha) lahan.



adv

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Sruwi Hartanto, memberikan penjelasan terkait perkembangan karhutla ini yang telah terjadi sejak Kamis, 12 Oktober, di wilayah Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang.

Sruwi Hartanto menyampaikan bahwa karhutla di lereng Gunung Argopuro telah melibatkan lahan di Blok Serendeng petak 6a-1 RPH Sumbermalang, BKPH Besuki, KPH Bondowoso.

Kejadian ini pertama kali terdeteksi pada Kamis, 12 Oktober 2023, sekitar pukul 18.00 WIB. Namun, upaya pemadaman karhutla tidak segera berhasil karena sejumlah titik api berada di tebing yang terjal.


mg2

Dalam upaya pemadaman karhutla ini, BPBD Situbondo berkolaborasi dengan personel RPH Sumbermalang dan anggota LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) yang mengetahui keberadaan titik api.

Baca juga: Terungkap Ini 5 Pelaku Penyiksaan Anak 7 Tahun di Malang, Tega! Ternyata Masih Kerabat Dekat Korban dan Ini Hukaman yang Diterima

Baca juga: Kota Talaga Jadi Pusat Perhatian Usai Keluar dari Kabupaten Gorontalo, 4 Kecamatan Ini Bersiap Bergabung dan Buat Kejutan

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr