Miliki Daerah Seluas 1,750 Km Gorontalo Mantap Bubarkan Kota Talaga dan 4 Kecamatan Lainnya, Cek Ini Alasannya dan Daerah

Miliki Daerah Seluas 1,750 Km Gorontalo Mantap Bubarkan Kota Talaga dan 4 Kecamatan Lainnya, Cek Ini Alasannya dan Daerah

daerah-madian-sidarto/unplash-

4 Kecamatan gabung kabupaten Kota Talaga

Rencana pemekaran wilayah atau pembentukan daerah otonomi baru (DOB) juga tengah menjadi sorotan di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Dalam konteks ini, terdapat tiga calon DOB yang diajukan, yaitu Kota Talaga, Kabupaten Panipi, dan Kabupaten Boliyohuto.



adv

Namun, kita akan membahas lebih rinci mengenai usulan pembentukan Kota Talaga sebagai pemekaran dari Kabupaten Gorontalo di Provinsi Gorontalo.

Pembentukan Kota Talaga terus diupayakan, meskipun kendala moratorium DOB yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat masih menghambat prosesnya.

Hingga saat ini, empat kecamatan telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi bagian dari Kota Talaga, yang diusulkan sebagai kota baru dalam pemekaran wilayah Kabupaten Gorontalo.


mg2

Keempat kecamatan yang dimaksud adalah Kecamatan Talaga, Kecamatan Talaga Raya, Kecamatan Tilango, dan Kecamatan Talaga Biru. Dalam rencana ini, Kecamatan Talaga dipilih sebagai calon ibukota Kota Talaga.

Nelson Pomalingo menjelaskan bahwa wilayah yang akan menjadi Kota Talaga memiliki potensi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bahkan, luas wilayah Kota Talaga melebihi Kota Gorontalo, meskipun jumlah penduduknya diperkirakan akan lebih sedikit.

Baca juga: 5 Daerah Ini Rawan Curang Pemilu, Kini Jadi Perhatian Bawaslu, Cek Kota Anda Termasuk Gak Nih?

Baca juga: Isu Tiga Kabupaten dan Kota Baru di Jawa Barat Bikin Ketar-ketir, Kenapa? Simak Calon Wilayah Baru Diambil dari Kecamatan Ini

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr