Miliki Daerah Seluas 1,750 Km Gorontalo Mantap Bubarkan Kota Talaga dan 4 Kecamatan Lainnya, Cek Ini Alasannya dan Daerah

Miliki Daerah Seluas 1,750 Km Gorontalo Mantap Bubarkan Kota Talaga dan 4 Kecamatan Lainnya, Cek Ini Alasannya dan Daerah

daerah-madian-sidarto/unplash-

RIVAL.co.id - Miliki Daerah Seluas 1,750 Km Gorontalo Mantap Bubarkan Kota Talaga dan 4 Kecamatan Lainnya, Cek Ini Alasannya dan Daerah. 

Kabupaten Gorontalo, yang berada di Provinsi Gorontalo, memiliki luas wilayah 1.750 kilometer persegi dan terdiri dari 19 kecamatan, 14 kelurahan, serta 191 desa.



adv

Jumlah penduduk Kabupaten Gorontalo sekitar 393.107 jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020.

Menariknya, proses pembentukan Kota Talaga telah mencapai tahap finalisasi. Weni Liputo, Ketua Komite Pembentukan Kota Talaga (KPKT), menyatakan bahwa Kota Talaga telah memenuhi semua persyaratan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2017.

Undang undang tersebut merupakan turunan dari PP Nomor 23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah. Persyaratan tersebut mencakup luas wilayah, jumlah penduduk, dan wilayah administratif.


mg2

Bupati Gorontalo saat ini juga mendukung pembentukan Kota Talaga.

Menurut Weni Liputo, ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, sangat mendukung pembentukan Kota Talaga karena ini merupakan aspirasi masyarakat dan tokoh masyarakat setempat.

Baca juga: Bukan Kabupaten Jember Bakal Bentuk Kota Baru, Ini Calon Ibukotanya dan 4 Kecamatan yang Bakal Tergabung

Baca juga: 7 Kecamatan Calon Daerah Baru Kabupaten Caringin Pemekaran Pandeglang Provinsi Banten, Cek Wilayah Kamu Termasuk?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr