Kota Talaga Jadi Pusat Perhatian Usai Keluar dari Kabupaten Gorontalo, 4 Kecamatan Ini Bersiap Bergabung dan Buat Kejutan

Kota Talaga Jadi Pusat Perhatian Usai Keluar dari Kabupaten Gorontalo, 4 Kecamatan Ini Bersiap Bergabung dan Buat Kejutan

Gorontalo--

4 Kecamatan gabung kabupaten Kota Talaga

Kabupaten Gorontalo, yang berada di Provinsi Gorontalo, memiliki luas wilayah 1.750 kilometer persegi dan terdiri dari 19 kecamatan, 14 kelurahan, serta 191 desa.

Jumlah penduduk Kabupaten Gorontalo sekitar 393.107 jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020.



adv

Menariknya, proses pembentukan Kota Talaga telah mencapai tahap finalisasi. Weni Liputo, Ketua Komite Pembentukan Kota Talaga (KPKT), menyatakan bahwa Kota Talaga telah memenuhi semua persyaratan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2017, yang merupakan turunan dari PP Nomor 23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah. Persyaratan tersebut mencakup luas wilayah, jumlah penduduk, dan wilayah administratif.

Bupati Gorontalo saat ini juga mendukung pembentukan Kota Talaga.

Menurut Weni Liputo, ini akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


mg2

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, sangat mendukung pembentukan Kota Talaga karena ini merupakan aspirasi masyarakat dan tokoh masyarakat setempat.

Nelson Pomalingo menjelaskan bahwa wilayah yang akan menjadi Kota Talaga memiliki potensi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Bahkan, luas wilayah Kota Talaga melebihi Kota Gorontalo, meskipun jumlah penduduknya diperkirakan akan lebih sedikit.

Baca juga: 5 Daerah Ini Rawan Curang Pemilu, Kini Jadi Perhatian Bawaslu, Cek Kota Anda Termasuk Gak Nih?

Baca juga: Isu Tiga Kabupaten dan Kota Baru di Jawa Barat Bikin Ketar-ketir, Kenapa? Simak Calon Wilayah Baru Diambil dari Kecamatan Ini

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr