Rencana Isu Pemekaran Kabupaten Jember Bakal Bentuk Kota Baru Namanya Ini, Cek Kecamatan Mana Saja yang Bergabung?

Rencana Isu Pemekaran Kabupaten Jember Bakal Bentuk Kota Baru Namanya Ini, Cek Kecamatan Mana Saja yang Bergabung?

daerah-dana-juniaro/unplash-

RIVAl.co.id - Rencana Isu Pemekaran Kabupaten Jember Bakal Bentuk Kota Baru Namanya Ini, Cek Kecamatan Mana Saja yang Bergabung?

Rencana bahwa 4 dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Jember akan menjadi bagian dari wilayah Kota Jember nantinya.



adv

Keempat kecamatan tersebut adalah Kecamatan Ajung, Kecamatan Sumbersari, Kecamatan Kaliwates, dan Kecamatan Patrang. Ibukota Kota Jember direncanakan akan berlokasi di Kecamatan Ajung.

Pemekaran Kabupaten Jember dianggap layak mengingat struktur administratif yang ada saat ini. Kabupaten Jember memiliki 31 kecamatan, 22 kelurahan, dan 226 desa, serta wilayahnya yang luas mencapai 3.293 kilometer persegi.

Jumlah penduduk Kabupaten Jember mencapai 2.584.771 jiwa menurut hasil sensus penduduk dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023.


mg2

Yang membuat isu pemekaran ini semakin menarik adalah kaitannya dengan rencana pemekaran Provinsi Jawa Timur untuk membentuk tiga provinsi baru.

Dalam rencana ini, Kabupaten Jember disebut-sebut sebagai salah satu kandidat yang potensial untuk menjadi ibukota provinsi baru, yakni Provinsi Blambangan, yang merupakan pemekaran dari Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Bukan Kabupaten Jember Bakal Bentuk Kota Baru, Ini Calon Ibukotanya dan 4 Kecamatan yang Bakal Tergabung

Baca juga: 5 Daerah Ini Rawan Curang Pemilu, Kini Jadi Perhatian Bawaslu, Cek Kota Anda Termasuk Gak Nih?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr