Bukan Kecamatan Lagi, Caringin Bakal Jadi Kabupaten Segera di Waktu Dekat! Simak 7 Kecamatan Ini yang Bakal Keluar Pandeglang

Bukan Kecamatan Lagi, Caringin Bakal Jadi Kabupaten Segera di Waktu Dekat! Simak 7 Kecamatan Ini yang Bakal Keluar Pandeglang

daerah-sandy-zebua/unplash-

Pembentukan Kabupaten Caringin di Provinsi Banten sebagai daerah otonomi baru (DOB) menjadi topik yang terus diperbincangkan.

Namun, jika Kabupaten Caringin resmi terwujud, Kabupaten induknya, Kabupaten Pandeglang, diperkirakan akan mengalami penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga 50 persen.



adv

Meskipun masih terdapat kendala dalam bentuk moratorium DOB yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat, semangat untuk memekarkan wilayah ini tidak pernah surut.

Kabupaten Caringin akan mengandalkan sektor ekonomi yang berfokus pada perikanan, pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Baca juga: Cek Daftar Rundown Konser Sensasional Dewa 19 dalam Pesta Rakyat Seru di Jember dan Jadwal Terbaru untuk Open Gate!


mg2

Baca juga: Fakta Menarik Gianyar yang Gak Bakal Orang Tahu! Miliki Istana Bersejarah Presiden yang Monumental, Bisa Tebak Apa?

7 Kecamatan baru di Kabupaten Ciringin Jawa Barat 

Sebagai tambahan, berikut adalah profil singkat dari tujuh kecamatan yang akan menjadi bagian dari Kabupaten Caringin:

1. Kecamatan Labuan: Kecamatan Labuan dipertimbangkan sebagai ibukota Kabupaten Caringin. Luas wilayahnya mencapai 15.66 kilometer persegi atau sekitar 0.57 persen dari total luas Kabupaten Pandeglang. Kecamatan ini terdiri dari 9 desa.

2. Kecamatan Pagelaran: Kecamatan Pagelaran juga akan menjadi bagian dari calon Kabupaten Caringin. Luas wilayahnya mencapai 42.76 kilometer persegi atau sekitar 1.56 persen dari total luas Kabupaten Pandeglang, dan memiliki 11 desa.

3. Kecamatan Sukaresmi: Kecamatan Sukaresmi telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Kabupaten Caringin. Luas wilayahnya mencapai 57.3 kilometer persegi atau sekitar 2.09 persen dari total luas Kabupaten Pandeglang, dan terdiri dari 9 desa.

Baca juga: Tiket Konser Dewa 19 di Pesta Rakyat Jember, Jangan Sampai Lepas Info Terbaru tentang Open Gate!

Baca juga: 6 Fakta Menarik Kabupaten Badung yang Buat Warga Bali Heran! Terkenal Sejarah Puputan, Apa Itu?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr