Heboh! Apakah Benar Surabaya Akan Lengser? Simak Wacana Pemekaran Tiga Provinsi Baru dari Jawa Timur

Heboh! Apakah Benar Surabaya Akan Lengser? Simak Wacana Pemekaran Tiga Provinsi Baru dari Jawa Timur

daerah -dikasiva/unplash-

Rival.co.id - Heboh! Apakah Benar Surabaya Akan Lengser? Simak Wacana Pemekaran Tiga Provinsi Baru dari Jawa Timur.

Surabaya, kota pahlawan yang megah, saat ini menjadi sorotan dalam wacana pemekaran tiga provinsi baru yang akan dihasilkan dari Jawa Timur. Dalam pembahasan ini, kita akan membahas rencana pemekaran yang berpotensi mengubah wajah wilayah Jawa Timur, dan mengupas faktanya.



adv

Provinsi Jawa Timur, yang merupakan salah satu provinsi terbesar di Indonesia, kini menjadi pusat perbincangan serius terkait pemekaran wilayah.

Baca juga: TAMAT! Nonton Drama China Jin Jie De Zhu Mu (2023) Episode 24 Sub Indo: Penasaran Akhir Cerita Sad Ending Apa Happy Ending?

Baca juga: Rekomendasi 6 Destinasi Wisata Kuliner Terkenal di Ambon, Ratu Gurih Ambon hingga Rumah Makan Sari Gurih, Rasakan Nikmatnya!


mg2

Rencana ini diharapkan akan memunculkan tiga provinsi baru, mengakibatkan beberapa wilayah yang ada saat ini berpotensi terhapus atau terpisah dari provinsi asalnya.

Salah satu wilayah yang tengah hangat diperbincangkan dalam pemekaran ini adalah Kota Surabaya, yang kini menjadi ibu kota dari provinsi Jawa Timur. Dalam sejarah pemekaran, ibu kota biasanya berpindah ke provinsi baru yang terbentuk.

Pendapat Ketua DPD RI tentang Pemekaran

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan komentar terkait rencana pemekaran wilayah provinsi Jawa Timur. Beliau menekankan bahwa proses pemekaran wilayah membutuhkan banyak tahapan dan kajian matang sebelum benar-benar terlaksana.

Baca juga: Mengintip Wisata Tersembunyi Pule Payung Kulon Progo, Negeri Ajaib yang Menyimpan Kejutan Alam Tak Tergantikan, Ada Area Camping?

Sementara itu, persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga diperlukan sebelum wilayah-wilayah baru dapat resmi terbentuk.

Hal ini menegaskan bahwa pemekaran bukanlah perkara sepele, melainkan proses panjang yang memerlukan persetujuan tingkat nasional.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr