Bukan Cuma Terkenal Surganya Turis, Fakta Menarik Denpasar Bikin Kagum Ternyata Kota Tersehat di Dunia?

Bukan Cuma Terkenal Surganya Turis, Fakta Menarik Denpasar Bikin Kagum Ternyata Kota Tersehat di Dunia?

daerah-Ryoka/unplash-

RIVAL.co.id - Bukan Cuma Terkenal Surganya Turis, Fakta Menarik Denpasar Bikin Kagum Ternyata Kota Tersehat di Dunia?

Denpasar, sebagai Ibu Kota Provinsi Bali, adalah kota yang mempesona dengan banyak cerita menarik.



adv

Terletak di wilayah Indonesia Timur, Denpasar adalah kota terbesar kedua setelah Makassar, dan juga merupakan kota terbesar di Kepulauan Nusa Tenggara.

Wilayah kota ini mencakup 127,78 kilometer persegi dan pada tahun 2017, memiliki jumlah penduduk sebanyak 638.548 jiwa.

Kota yang Dulunya Taman


mg2

Tahukah Anda bahwa Denpasar memiliki sejarah unik? Awalnya, Denpasar adalah sebuah taman, namun bukan taman biasa.

Taman ini merupakan tempat kesayangan Raja Badung saat itu, Kyai Jambe Ksatrya. Di masa lalu, Kyai Jambe Ksatrya tinggal di Puri Jambe Ksatrya, yang sekarang menjadi Pasar Satria.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Kabupaten Badung yang Buat Warga Bali Heran! Terkenal Sejarah Puputan, Apa Itu?

Baca juga: Bikin Plot Twist Setelah Tertangkap Basah, Ungkapan Wanita Ini Usai Digeledah Bareng Wakil Ketua DPRD Nias Utara

Taman ini memiliki ciri khas yang istimewa, karena di dalamnya terdapat arena untuk bermain adu ayam. Kyai Jambe Ksatrya adalah penggemar berat adu ayam, sehingga sering mengundang raja-raja lain di Bali untuk bersaing di arena tersebut.

Sebelumnya, kawasan ini merupakan bagian dari Kerajaan Badung, sebuah Kerajaan Hindu Majapahit yang berdiri sejak abad ke-18 hingga ke-19. Namun, pada tahun 1906, kerajaan tersebut ditaklukkan oleh Belanda dalam peristiwa yang dikenal dengan Perang Puputan Badung.

Asal Usul Nama "Denpasar"

Nama Denpasar berasal dari dua kata, yaitu "den" yang berarti "utara" dan "pasar" yang berarti "pasar". Ketika digabungkan, nama Denpasar berarti "Utara Pasar". Pemberian nama ini merujuk pada lokasi taman yang berada di utara pasar. Saat ini, area tersebut menjadi lokasi Jaya Sabha, yang digunakan sebagai rumah jabatan Gubernur Bali.

Baca juga: Mengintip Wisata Tersembunyi Pule Payung Kulon Progo, Negeri Ajaib yang Menyimpan Kejutan Alam Tak Tergantikan, Ada Area Camping?

Baca juga: Huzi Jadi Penari? Nonton Drama China Tiger And Crane (2023) Episode 25 26 Sub Indo: Klik Link Streaming Gratis Berikut dan Tayang di iQIYI Bukan Telegram!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr