Asal Usul Nama Badung Ternyata Miliki 2 Versi? Ternyata Ini Dibalik Sejarahnya dan Latar Belakang Daerah Terbentuk

Asal Usul Nama Badung Ternyata Miliki 2 Versi? Ternyata Ini Dibalik Sejarahnya dan Latar Belakang Daerah Terbentuk

daerah-irhan-prabusara/unplash-

 

Asal usul nama Badung Bali 

Menurut sejarah lisan: Salah satu cerita lisan mengatakan bahwa nama Badung berasal dari kisah seorang pangeran dari Jembrana yang mengalami musibah di daerah ini.

Pangeran tersebut jatuh ke dalam lubang dan terperangkap di wilayah yang sekarang menjadi Kabupaten Badung. Akibatnya, tempat tersebut kemudian dikenal sebagai "Badung," mengacu pada pangeran yang terperangkap.



adv

Sejarah Perang Puputan: Nama Badung juga terkait dengan peristiwa sejarah penting di Bali yang dikenal dengan nama "Puputan Badung."

Puputan adalah tradisi perlawanan Bali di mana orang-orang Bali memilih mati daripada menyerah kepada penjajah.

Baca juga: Huzi Jadi Penari? Nonton Drama China Tiger And Crane (2023) Episode 25 26 Sub Indo: Klik Link Streaming Gratis Berikut dan Tayang di iQIYI Bukan Telegram!


mg2

Baca juga: Bikin Tauma? Wanita Alami Gangguan Bullying di Dalam Lift, Lima Mahasiswa UIN Jambi Memohon Maaf dan Memberikan Klarifikasi

Puputan Badung terjadi pada tahun 1906 ketika Belanda mencoba untuk menguasai Bali. Raja Badung dan ribuan orang Bali melakukan upacara Puputan, mengorbankan nyawa mereka sebagai tanda perlawanan yang gigih terhadap penjajah.

Sejak saat itu, nama Badung menjadi terkenal di seluruh Bali dan Indonesia sebagai simbol perlawanan Bali.

Kabupaten Badung kemudian berkembang menjadi pusat pariwisata Bali, dengan pantai-pantai terkenal dan berbagai fasilitas wisata yang menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Meskipun memiliki asal usul yang terkait dengan perlawanan, saat ini Badung lebih dikenal sebagai destinasi wisata yang indah dan penuh budaya di pulau Bali.

 

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr