6 Fakta Menarik Kabupaten Badung yang Buat Warga Bali Heran! Terkenal Sejarah Puputan, Apa Itu?

6 Fakta Menarik Kabupaten Badung yang Buat Warga Bali Heran! Terkenal Sejarah Puputan, Apa Itu?

daerah-van-than/unplash-

Fakta menarik Badung Bali 

Jumlah Penduduk dan Destinasi Pariwisata

Pada tahun 2020, jumlah penduduk Kabupaten Badung mencapai 548.191 jiwa. Kecamatan dengan penduduk terbanyak adalah Kecamatan Mengwi, dengan lebih dari 132.786 jiwa. Selain menjadi pusat pariwisata di Bali, Kabupaten Badung memiliki sejumlah lokasi terkenal yang sering dikunjungi wisatawan, mulai dari Kuta, Legian, Seminyak, Sanur, Nusa Dua, hingga Tanjung Benoa.



adv

Puputan Badung: Perlawanan Heroik

Puputan memiliki arti perlawanan sampai titik darah penghabisan. Peristiwa ini dipicu oleh laporan palsu seorang warga Tionghoa yang mengakibatkan intervensi dari Gubernur Jenderal Van Hentz. Laporan tersebut mengklaim bahwa rakyat Badung mencuri harta dan perahu miliknya. Raja Badung menolak membayar ganti rugi, yang akhirnya memicu kemarahan Gubernur Jenderal. Akibatnya, perang pecah pada tahun 1906 yang dikenal sebagai Puputan Badung. Perang ini berakhir dengan banyak korban jiwa, termasuk raja dan pemimpin Badung.

Taman Puputan Badung


mg2

Taman Puputan Badung, juga dikenal sebagai Lapangan Puputan Badung, didirikan untuk mengenang perlawanan heroik rakyat Badung. Kini, taman ini diberi nama Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung dan sering digunakan untuk pementasan seni dan budaya pada hari Minggu sore. Selain itu, taman ini juga digunakan untuk upacara keagamaan, seperti Tawur Agung kesanga dan Hari Raya Saraswati bagi umat Hindu.

Baca juga: Daftar Lengkap 144 Penyakit yang Ditanggung BPJS Kesehatan, Cek Penyakit Dalam hingga Kandungan Termasuk?

Baca juga: Lagi-Lagi Heboh Skandal Perselingkuhan Mahasiswi VO dan Dosen SYH UIN Raden Intan Lampung Terkuak, Begini Keterangan Warga!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr