6 Fakta Menarik Kabupaten Badung yang Buat Warga Bali Heran! Terkenal Sejarah Puputan, Apa Itu?

6 Fakta Menarik Kabupaten Badung yang Buat Warga Bali Heran! Terkenal Sejarah Puputan, Apa Itu?

daerah-van-than/unplash-

RIVAL.co.id - 6 Fakta Menarik Kabupaten Badung yang Buat Warga Bali Heran! Terkenal Sejarah Puputan, Apa Itu?

Badung, kabupaten yang merajai peta pariwisata di Pulau Bali, adalah destinasi yang penuh warna dan pesona.



adv

Dengan luas wilayah 418,52 kilometer persegi dan terdiri dari enam kecamatan, yakni Kuta Selatan, Kuta, Kuta Utara, Mengwi, Abiansemal, dan Petang, Badung memiliki banyak cerita menarik yang perlu kita ketahui.

Awalnya, pusat pemerintahan Badung berada di Benculuk. Namun, pada tahun 1992, perkembangan pesat di bidang politik dan pariwisata mendorong pemerintah pusat untuk membagi Kabupaten Badung menjadi dua bagian: Kotamadya Denpasar dan Kabupaten Badung.

Perubahan ini juga mengakibatkan perpindahan ibu kota Badung dari wilayah Kota Denpasar ke Kecamatan Mengwi. Namun, pada tanggal 12 Februari 2010, Badung resmi menetapkan Mangupura sebagai pusat pemerintahan yang baru.


mg2

Secara geografis, Badung berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di utara, Samudra Indonesia di selatan, dan Kabupaten Tabanan di barat.

Jika dilihat dari peta, bentuk wilayahnya menyerupai sebilah keris, yang sesuai dengan lambang daerah ini. Lambang keris tersebut mengandung makna keberanian, kesatria, dan mengingatkan kita pada peristiwa Puputan Badung yang bersejarah.

Baca juga: Bikin Plot Twist Setelah Tertangkap Basah, Ungkapan Wanita Ini Usai Digeledah Bareng Wakil Ketua DPRD Nias Utara

Baca juga: Dulunya Bak Istana Raja, Sekarang Jadi Horor! Inilah Cagar Budaya Terlantar di Wonogiri Akibat Kehidupan Bangunan yang Berubah

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr