Jika Realisasi Pemekaran Kabupaten Agam Sumbar Berhasil, 9 Kecamatan Ini Bakal Keluar dan Wilayah Sumatera Mekar 648 Km

Jika Realisasi Pemekaran Kabupaten Agam Sumbar Berhasil, 9 Kecamatan Ini Bakal Keluar dan Wilayah Sumatera Mekar 648 Km

daerah-shot-ed/unplash-

RIVAL.co.id - Jika Realisasi Pemekaran Kabupaten Agam Sumbar Berhasil, 9 Kecamatan Ini Bakal Keluar dan Wilayah Sumatera Mekar 648 Km. 

Kabupaten Agam, sebuah wilayah yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, telah menarik perhatian sebagai salah satu calon daerah otonomi baru (DOB) di wilayah tersebut.



adv

Usulan untuk memekarkan wilayah ini bertujuan untuk membentuk sebuah kabupaten baru yang diberi nama Kabupaten Agam Tuo.

Meskipun saat ini masih berlaku moratorium DOB yang diberlakukan oleh Pemerintah Pusat, banyak pihak merasa bahwa pemekaran ini sangatlah beralasan.

Hal ini dikarenakan Kabupaten Agam memiliki karakteristik geografis yang unik, di mana wilayahnya terbagi menjadi dua bagian yang berbeda, yakni wilayah pesisir dan wilayah dataran tinggi.


mg2

Wilayah pesisir Kabupaten Agam saat ini memiliki ibukota yang terletak di Kecamatan Lubuk Basung, sementara wilayah dataran tinggi atau wilayah timur Kabupaten Agam mengelilingi kota Bukit Tinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: Isu Pemekaran Kepulauan Riau Embat 12 Kecamatan yang Bakal Tersebar Pada Kabupaten Baru, Waduh! Nambah Terus Wilayahnya

Baca juga: Bikin Tauma? Wanita Alami Gangguan Bullying di Dalam Lift, Lima Mahasiswa UIN Jambi Memohon Maaf dan Memberikan Klarifikasi

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr