Kota dan Kabupaten Baru Segera Lahir di Kepri! 10 Kecamatan Ini Pilih Berpencar dan Bentuk Daerah Diluar Riau

Kota dan Kabupaten Baru Segera Lahir di Kepri! 10 Kecamatan Ini Pilih Berpencar dan Bentuk Daerah Diluar Riau

pulau-FrankyFromGermany/pixabay-

Menurut jurnal yang diunggah di unrika.ac.id dengan judul "Perencanaan Pembentukan Provinsi Batam Sebagai Kawasan Otonomi Khusus" dari Universitas Riau Kepulauan, pemekaran wilayah ini merupakan langkah strategis yang diusulkan.

Namun, usulan ini menghadapi berbagai pertentangan, termasuk dari mantan Ketua Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Riau (BP3KR), Huzrin Hood. Menurutnya, pemekaran Kepulauan Riau menjadi Provinsi Batam dianggap sebagai pengkhianatan terhadap perjuangannya sebelumnya.



adv

Apabila usulan ini disetujui, rencananya akan ada pembentukan kota atau kabupaten baru sebagai bagian dari pemekaran wilayah.

Rincian rencana pembentukan mencakup Kota Batam Barat, Kota Batam Timur, Kota Batam Selatan, Kabupaten Gelang, dan Kabupaten BPP.

Baca juga: Spoiler Terbaru Drama China Mr. and Mrs. Chen (2023) Episode 5 6 Sub Indonesia - Kisah Cinta dan Aksi Mata-mata di Layar Kaca!


mg2

Baca juga: Berikut Ini Tersedia Online Golden Live On Stage Jungkook BTS di Weverse: Tau Banget Kalo Kita Para ARMY Sukanya yang Free

Kota Batam Barat akan terbentuk dari tiga kecamatan, yaitu Batam Kota, Bengkong, dan Nongsa. Kota Batam Timur akan dibentuk dari tiga kecamatan, yaitu Batu Ampar, Lubuk Baja, dan Sekupang.

Kota Batam Selatan akan terbentuk dari tiga kecamatan, yaitu Batu Aji, Segulung, dan Sei Beduk. Kabupaten Gelang akan terdiri dari satu kecamatan saja, sehingga masih membutuhkan pemekaran wilayah.

Kabupaten BPP akan terdiri dari dua kecamatan, yaitu Bulang dan Belakang Padang.

Kota Batam Barat, Batam Timur, dan Batam Selatan menjadi kandidat sebagai ibu kota provinsi baru hasil pemekaran Kepri.

Meskipun usulan ini masih dalam tahap wacana dan belum mendapatkan restu dari pemerintah pusat, kesepakatan dan rencana yang matang akan diperlukan untuk mewujudkan pemekaran wilayah ini.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr