Kapan Gerhana Matahari Cincin 14 Oktober 2023 Lewat Indonesia? Simak Jadwal Fenomena Langka di Dunia Terjadi Hari Ini

Kapan Gerhana Matahari Cincin 14 Oktober 2023 Lewat Indonesia? Simak Jadwal Fenomena Langka di Dunia Terjadi Hari Ini

gerhana matahari-geronimo/unplash-

RIVAL.co.id - Kapan Gerhana Matahari Cincin 14 Oktober 2023 Lewat Indonesia? Simak Jadwal Fenomena Langka di Dunia Terjadi Hari Ini. 

Gerhana matahari cincin, juga dikenal sebagai gerhana 'cincin api,' merupakan salah satu fenomena alam yang akan memukau dunia pada Oktober 2023.



adv

Fenomena ini terjadi ketika bulan berada pada posisi dekat dengan titik orbit terjauhnya dari bumi.

Jika kita mengutip penjelasan dari laman resmi NASA, gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan berada di dekat bagian orbitnya yang paling jauh dari bumi.

Karena jarak bulan dan bumi lebih besar daripada ketika terjadi gerhana matahari total, bulan tidak sepenuhnya menutupi matahari.


mg2

Sebaliknya, kita dapat melihat cincin terang matahari yang masih terlihat selama puncak gerhana ini.

Namun, sayangnya, bagi warga Indonesia, gerhana matahari cincin pada bulan Oktober ini tidak dapat disaksikan.

Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Indonesia tidak berada dalam jalur bayangan antumbra dan penumbra bulan saat gerhana berlangsung.

Baca juga: Jadwal Artic Open 2023 Hari Ini 14 Oktober 2023: The Deddies Bakal Lawan The Deddies Asal Rusia, Perkiraan Tayang Jam Berapa?

Baca juga: Viral! Siapa Sosok Gilang Rahma dari Pandawara Group? Intip Profilnya: Instagram, Pendidikan hingga Status Kekasih, Ramai Jadi Incaran Warganet

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr