Kabar Pemekaran Wilayah di Jambi, Ikuti Rencana Penambahan 2 Kabupaten Bukan Provinsi di Kota Literatur Kuno Ini!

Kabar Pemekaran Wilayah di Jambi, Ikuti Rencana Penambahan 2 Kabupaten Bukan Provinsi di Kota Literatur Kuno Ini!

kota- Foundry/pixabay-

Tidak hanya itu, ada juga Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Sementara dua kota yang ada di Provinsi Jambi adalah Kota Sungai Penuh dan Kota Jambi.

Namun, bukan hanya Provinsi Jambi yang mengalami perubahan ini. Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) juga mengalami pertumbuhan serupa dengan munculnya Daerah Otonomi Baru (DOB) baru.



adv

Pemerintah pusat mencabut moratorium DOB, dan dampaknya diperkirakan akan menghasilkan delapan kabupaten/kota baru di Provinsi Sumsel. Dengan perubahan ini, Provinsi Sumsel akan memiliki total 20 kabupaten dan 5 kota, suatu perubahan yang signifikan.

Perubahan ini juga berdampak pada Kabupaten Banyuasin dan Muara Enim, yang akan terbagi menjadi beberapa wilayah baru. Saat ini, Provinsi Sumsel sudah terdiri dari 13 kabupaten dan 4 kota.

Baca juga: Cegah Kegagalan di Masa Muda dengan Menghindari Kesalahan dalam Mengelola Finansial, Nomor 5 Jangan Anggap Remeh!


mg2

Baca juga: Wisata Edukasi Pendidikan! Inilah 3 Desa di Kabupaten Bantul Menyuguhkan Proses Membatik dan Karya Seni Unik Lainnya, Jadi Peninggalan?

Beberapa kabupaten/kota hasil pemekaran tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Provinsi Sumsel sebagai calon daerah persiapan (CDP).

Kabupaten-kabupaten atau kota baru yang akan muncul meliputi Kabupaten Gelumbang, Kabupaten Rambang Lubai Lematang (R2L), Kabupaten Banyuasin Tengah, dan Kabupaten Banyuasin Timur (Perairan).

Selain itu, ada juga Kabupaten Kikim Area, Kabupaten Besemah, Kabupaten Pantai Timur, dan Kota Palembang Ulu.

Perubahan geografis ini membuka peluang baru, menciptakan potensi pembangunan yang menarik, serta memberikan inspirasi bagi perkembangan wilayah-wilayah Indonesia yang selalu berubah.

***

Editor: Putri Indah
TAG: #pemekaran #jambi #literatur kuno #kabupaten kota baru
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr