Bukan Bandung Kota Paling Toleran di Indonesia Ada di Kediri, Kok Bisa? Cek Daftar Fakta Menarik yang Bikin Kaget Gak Kepalang

Bukan Bandung Kota Paling Toleran di Indonesia Ada di Kediri, Kok Bisa? Cek Daftar Fakta Menarik yang Bikin Kaget Gak Kepalang

Kediri -andrian-hartanto/unplash-

4. Kota Para Santri
Kediri dikenal sebagai "Kota Para Santri" karena banyak pesantren di kota ini yang menampung puluhan ribu santri. Salah satu pesantren tertua di Indonesia, Pondok Pesantren Lirboyo, berada di Kota Kediri. Dengan sejarah yang melebihi satu abad, Pondok Pesantren Lirboyo adalah saksi perkembangan Islam di Indonesia. Selain Lirboyo, Kota Kediri juga memiliki banyak pesantren lain yang turut berkontribusi pada pendidikan dan perkembangan agama Islam di Indonesia.

5. Kota Tertua di Jawa Timur
Kota Kediri adalah salah satu kota tertua di Jawa Timur, bahkan lebih tua daripada Kota Surabaya, ibu kota provinsi. Berdasarkan catatan sejarah, Kota Kediri didirikan pada tanggal 27 Juli tahun 879 Masehi. Kini, kota ini telah berusia lebih dari 1.100 tahun.



adv

Baca juga: Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Banyuwangi Lengkap dengan Pesona Daya Tarik Alami, Coba Tebak Ada Apa Sebenarnya?

Baca juga: BACA Manhwa Lookism Chapter 471 SUB Indo: Full Bahasa Indonesia Bukan di Komikcast Komikindo

6. Kota Terlarang
Kota Kediri juga dikenal sebagai "Kota Terlarang" yang dihindari oleh Presiden Republik Indonesia. Mitos ini berasal dari dua kutukan yang datang dari penguasa kerajaan Kalingga dan catatan sejarah dalam Babat Kadhiri pada masa kerajaan Kediri. Sebagai akibatnya, Presiden Indonesia tidak mengunjungi kota ini hingga saat ini.


mg2

Inilah sejumlah fakta menarik tentang Kota Kediri, yang menjadikan kota ini sebagai destinasi yang layak untuk dijelajahi lebih lanjut. Meskipun kita telah membahas beberapa aspek menarik dari kota ini, masih banyak lagi cerita dan keunikan yang belum terungkap dalam artikel ini.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr