Asal Usul Nama Kabupaten Kediri dari Bahasa Kuno Awal Jaman Kerajaan Singosari? Unik dan Jarang Diketahui Ini Arti Aslinya

Asal Usul Nama Kabupaten Kediri dari Bahasa Kuno Awal Jaman Kerajaan Singosari? Unik dan Jarang Diketahui Ini Arti Aslinya

Kediri --

Asal Usul Nama Kediri Jawa Timur 

Kerajaan Kediri: Pada abad ke-11, Kerajaan Kediri merupakan salah satu kerajaan besar di pulau Jawa yang dipimpin oleh Ken Arok.

Kerajaan ini menguasai sebagian besar wilayah Jawa Timur. Di bawah pemerintahan Kertanegara, Kerajaan Kediri mencapai masa kejayaan dengan perkembangan seni, sastra, dan kebudayaan yang mengesankan.



adv

Kerajaan Singhasari: Setelah jatuhnya Kerajaan Kediri, wilayah ini menjadi bagian dari Kerajaan Singhasari yang didirikan oleh Ken Arok. Di bawah pemerintahan Raden Wijaya, Singhasari berkembang pesat dan menjadi salah satu kerajaan yang dominan di pulau Jawa.

Masa Kolonial Belanda: Seperti wilayah-wilayah lain di Indonesia, Kediri juga mengalami masa kolonialisme oleh Belanda pada abad ke-17 hingga awal abad ke-20. Belanda menjadikan Kediri sebagai daerah pertanian yang penting.

Baca juga: Kenapa Malang? Daerah Pemekaran Jawa Timur Ini Ternyata Punya Segudang Keunggulan, Intip Calon Ibukotanya


mg2

Baca juga: Asal Usul Nama Kuningan Pasti Banyak yang Belum Tahu! Berasal dari Bahasa Sunda Tenyata Artinya Ini, Sesuai dengan Kebiasaan Warganya?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr