Gak Nyangka Asal Usul Nama Blitar Ternyata Sejarahnya Ini, Simak dari Bahasa Mana dan Artinya Apa? Disini Penjelasan Lengkapnya

Gak Nyangka Asal Usul Nama Blitar Ternyata Sejarahnya Ini, Simak dari Bahasa Mana dan Artinya Apa? Disini Penjelasan Lengkapnya

daerah-jonass-hoss/unplash-

Asal usul nama Blitar 

Blitar memiliki sejarah yang kaya dan panjang yang dapat ditelusuri hingga masa pra-kolonial. Pada zaman kerajaan-kerajaan Jawa, wilayah ini adalah bagian dari kerajaan-kerajaan seperti Majapahit dan Demak.

Majapahit, salah satu kerajaan terbesar di Nusantara, berpengaruh besar di wilayah Blitar. Beberapa peninggalan bersejarah seperti candi dan prasasti menggambarkan pengaruh agama Hindu-Buddha yang pernah ada di sini.



adv

Seperti wilayah-wilayah lain di Jawa, Blitar juga mengalami masa kolonialisme oleh Belanda pada abad ke-17 hingga abad ke-20. Belanda menjadikan Blitar sebagai daerah pertanian dan basis perdagangan yang penting.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Blitar bergabung dengan Republik Indonesia. Wilayah ini menjadi bagian integral dari Jawa Timur dan Indonesia secara keseluruhan.

Baca juga: TikTok Awards Indonesia 2023 Ajang Puncak Apresiasi Konten Kreator, Pandawa Sabet Tiga Penghargaan Sekaligus dengan Kategori?


mg2

Baca juga: Apa Itu Balap Kuda Saptonan? Tradisi Unik Khas Kuningan Jawa Barat yang Melegenda, Ternyata Ini 5 Fakta Menarik Lainnya

Blitar juga terkenal sebagai tempat kelahiran Bung Karno, atau Ir. Soekarno, Presiden Pertama Indonesia.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr