Kok Bisa Tuban Disebut Kota Berdaging? Asal Usul Namanya Bikin Salah Fokus, Ternyata Berasal dari Bahasa Jawa yang Artinya Ini

Kok Bisa Tuban Disebut Kota Berdaging? Asal Usul Namanya Bikin Salah Fokus, Ternyata Berasal dari Bahasa Jawa yang Artinya Ini

daerah-sandy-zebua/unplash-

RIVAL.co.id - Kok Bisa Tuban Disebut Kota Berdaging? Asal Usul Namanya Bikin Salah Fokus, Ternyata Berasal dari Bahasa Jawa yang Artinya Ini. 

Nama "Tuban" berasal dari bahasa Jawa Kuna, yang memiliki beberapa interpretasi. Sejarah nama Tuban dipengaruhi oleh berbagai faktor dan peristiwa di masa lalu.



adv

Salah satu interpretasi adalah bahwa nama Tuban berasal dari kata dalam bahasa Jawa yang berarti "tuban," yang dapat diterjemahkan sebagai "berdaging" atau "daging yang melimpah."

Beberapa versi cerita menyatakan bahwa nama ini merujuk pada kaya akan sumber daya alam dan hasil pertanian yang subur di wilayah Tuban.

Dari Kata "Tuban" (Penyembuhan): Interpretasi lain mengaitkan nama Tuban dengan kata yang bermakna "penyembuhan" atau "pengobatan."


mg2

Nama ini konon berasal dari adanya tempat-tempat penyembuhan tradisional atau tanaman obat-obatan yang tumbuh subur di daerah tersebut.

Wilayah Tuban telah memiliki sejarah yang panjang sejak masa pra-kolonial dan masa kerajaan-kerajaan di Jawa.

Pada awalnya, Tuban adalah bagian dari Kerajaan Majapahit, kerajaan besar yang menguasai sebagian besar Jawa Timur.

Baca juga: Warganya Pernah Jadi Miliuner Mendadak? 6 Fakta Unik Tuban yang Bikin Melongo, Nomor 3 Gak Nyangka Banget

Baca juga: Madura Pilih Keluar dari Jawa Timur dan Bentuk Provinsi Baru Namanya Apa? Jangan Terkejut! Ajak Kecamatan Ini Pilih Buat Bergabung

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr