Warganya Pernah Jadi Miliuner Mendadak? 6 Fakta Unik Tuban yang Bikin Melongo, Nomor 3 Gak Nyangka Banget

Warganya Pernah Jadi Miliuner Mendadak? 6 Fakta Unik Tuban yang Bikin Melongo, Nomor 3 Gak Nyangka Banget

Tuban --

Fakta menarik Tuban Jawa Timur 

Namun, fakta menarik mengenai kabupaten ini jauh lebih luas daripada itu.

Bumi Wali Nusantara
Tuban adalah salah satu titik awal penyebaran Islam di Nusantara. Wilayah ini dikenal memiliki banyak makam wali, termasuk makam Sunan Bonang, yang tersebar di sepanjang pantai utara Pulau Jawa. Oleh karena itu, Tuban sering disebut sebagai 'bumi wali'.



adv

Kota Seribu Gua
Tuban dijuluki sebagai 'kota seribu gua' karena wilayahnya dilintasi oleh Pegunungan Kapur Utara yang memiliki banyak gua menakjubkan. Salah satunya adalah Gua Kristal di Dusun Mahbesar, yang menjadi tujuan wisata religi. Selain itu, ada Gua Akbar, Gua Putri Asih, Gua Ngerong, dan Gua Ashabul Kahfi, yang semuanya juga menjadi tempat ziarah.

Penghasil Tuak Terbesar
Meski mungkin terdengar aneh, Tuban merupakan salah satu daerah penghasil tuak terbesar. Tuak adalah minuman beralkohol tradisional yang terbuat dari getah nira tanaman siwalan atau lontar. Meskipun memiliki rasa pahit, minuman ini merupakan bagian penting dari budaya Tuban. Warga setempat biasa mengonsumsinya untuk melepas penat setelah bekerja di ladang atau setelah melaut.

Baca juga: Potensi Kecamatan Bumi Pekal, Kabupaten Baru Pemekaran Bengkulu Utara Ini Punya 6 Kecamatan yang Siap Bergabung


mg2

Baca juga: Buju Buneng! Kabupaten di Jawa Barat Ini Pilih Masuk Jakarta dan Buat Daerah Namanya Jabodetabekjur, Cek Daerah yang Bakal Berpisah

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr