8 Kabupaten Ini Hasil Gabungan Jawa Barat dan DKI Jakarta, Rencana Wilayah Baru Jabar Raya Bikin Kaget Penuh Kontroversi?

8 Kabupaten Ini Hasil Gabungan Jawa Barat dan DKI Jakarta, Rencana Wilayah Baru Jabar Raya Bikin Kaget Penuh Kontroversi?

daerah-gautam-krishn/unplash-

RIVAL.co.id - 8 Kabupaten Ini Hasil Gabungan Jawa Barat dan DKI Jakarta, Rencana Wilayah Baru Jabar Raya Bikin Kaget Penuh Kontroversi?

Rencana pembentukan Provinsi Jabar Raya atau Jawa Barat Raya merupakan topik menarik yang mencerminkan sejarah dan perubahan geografis di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.



adv

Dalam konteks sejarah, Jawa Barat dan DKI Jakarta memiliki ikatan yang kuat dengan Kerajaan Pajajaran atau Kerajaan Sunda.

Fakta sejarah ini mengilhami berbagai proposal untuk menciptakan Provinsi Jabar Raya yang memadukan dua wilayah ini.

Kerajaan Sunda Kelapa, yang terletak di wilayah Pelabuhan Sunda Kelapa, memiliki peran penting dalam sejarah perdagangan dan pelayanan internasional.


mg2

Bahkan, pada tahun 1522, Kerajaan Sunda Kelapa pernah melakukan perjanjian perdagangan dengan Portugis, menunjukkan betapa vitalnya wilayah ini dalam perdagangan zaman dulu.

Di masa lalu, wilayah yang sekarang menjadi DKI Jakarta dikenal dengan nama Sunda Kelapa. Itu adalah pelabuhan penting yang mendukung kegiatan perdagangan dan pelayaran internasional.

Baca juga: Buju Buneng! Kabupaten di Jawa Barat Ini Pilih Masuk Jakarta dan Buat Daerah Namanya Jabodetabekjur, Cek Daerah yang Bakal Berpisah

Baca juga: Madura Pilih Keluar dari Jawa Timur dan Bentuk Provinsi Baru Namanya Apa? Jangan Terkejut! Ajak Kecamatan Ini Pilih Buat Bergabung

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr