Madura Pilih Keluar dari Jawa Timur dan Bentuk Provinsi Baru Namanya Apa? Jangan Terkejut! Ajak Kecamatan Ini Pilih Buat Bergabung

Madura Pilih Keluar dari Jawa Timur dan Bentuk Provinsi Baru Namanya Apa? Jangan Terkejut! Ajak Kecamatan Ini Pilih Buat Bergabung

madura-abdi-rahman/unplash-

Kota dan kecamatan yang bergabung di Provinsi Pamekasan 

Nantinya, Kota Pamekasan akan mencakup lima kecamatan, sebelas kelurahan, dan tujuh puluh desa. Kecamatan-k kecamatan yang akan menjadi bagian dari Kota Pamekasan meliputi Pamekasan, Larangan, Tianakan, Galis, dan Pademawu.

Dengan pemekaran ini, wilayah Kota Pamekasan akan memiliki luas sekitar 219.19 kilometer persegi, atau sekitar 27.6 persen dari luas wilayah Kabupaten Pamekasan yang saat ini mencapai 792.30 kilometer persegi.



adv

Dalam hal jumlah penduduk, Kota Pamekasan diperkirakan akan memiliki sekitar 323.545 jiwa, sesuai dengan hasil sensus penduduk oleh BPS pada tahun 2021.

Artinya, populasi Kota Pamekasan akan membentuk sekitar 38 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Pamekasan, yang berjumlah sekitar 850.857 jiwa.

Baca juga: Bersiaplah Sambut Bandara Baru Berlokasi di Sumatera Barat, Rumornya Terletak di Daerah Terpencil, Ada yang Tau?


mg2

Baca juga: Alasan Subang Putuskan Mekar dan Buat Daerah Baru Apa? Kecamatan Ini Pilih Terpisah dari Kabupaten dan Masuk Daerah Pilihan

Nantinya, Kota Pamekasan akan berbatasan di sebelah utara dengan Kabupaten Pamekasan, di sebelah timur dengan Kabupaten Sumenep, di sebelah selatan dengan Selat Madura, dan di sebelah barat dengan Kabupaten Sampang.

Pemekaran ini adalah bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan lebih efisien kepada masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dalam upaya ini, sebuah tim telah dibentuk untuk menyelesaikan naskah akademik terkait pemekaran Kabupaten Pamekasan.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr