Asal Usul Nama Kuningan Pasti Banyak yang Belum Tahu! Berasal dari Bahasa Sunda Tenyata Artinya Ini, Sesuai dengan Kebiasaan Warganya?

Asal Usul Nama Kuningan Pasti Banyak yang Belum Tahu! Berasal dari Bahasa Sunda Tenyata Artinya Ini, Sesuai dengan Kebiasaan Warganya?

daerah-shot-ed/unplash-

RIVAL.co.id - Asal Usul Nama Kuningan Pasti Banyak yang Belum Tahu! Berasal dari Bahasa Sunda Tenyata Artinya Ini, Sesuai dengan Kebiasaan Warganya? 

Kota Kuningan, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, adalah sebuah kota yang kaya akan sejarah dan memiliki akar budaya yang dalam. Inilah asal usul nama dan sejarah Kota Kuningan. 



adv

Nama "Kuningan" diyakini berasal dari kata dalam bahasa Sunda, yaitu "Kuning," yang berarti "emas."

Nama ini mungkin merujuk pada sejarah pertambangan emas di wilayah ini atau menggambarkan kekayaan budaya dan sumber daya alam yang berlimpah.

Wilayah Kuningan memiliki sejarah panjang yang dapat ditelusuri hingga masa pra-kolonial dan Kerajaan Sunda.


mg2

Pada abad ke-12, Kuningan merupakan bagian dari Kerajaan Sunda yang berkuasa di wilayah barat Jawa. Kerajaan Sunda adalah salah satu kerajaan terkuat di Jawa pada saat itu.

Baca juga: Apa Itu Balap Kuda Saptonan? Tradisi Unik Khas Kuningan Jawa Barat yang Melegenda, Ternyata Ini 5 Fakta Menarik Lainnya

Baca juga: Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Banyuwangi Lengkap dengan Pesona Daya Tarik Alami, Coba Tebak Ada Apa Sebenarnya?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr