Apa Itu Balap Kuda Saptonan? Tradisi Unik Khas Kuningan Jawa Barat yang Melegenda, Ternyata Ini 5 Fakta Menarik Lainnya

Apa Itu Balap Kuda Saptonan? Tradisi Unik Khas Kuningan Jawa Barat yang Melegenda, Ternyata Ini 5 Fakta Menarik Lainnya

daerah-henning-witzel/unplash-

RIVAL.co.id - Apa Itu Balap Kuda Saptonan? Tradisi Unik Khas Kuningan Jawa Barat yang Melegenda, Ternyata Ini 5 Fakta Menarik Lainnya. 

Kuningan, sebuah kabupaten yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, memiliki keunikan dan pesona tersendiri yang patut untuk dieksplorasi.



adv

Ibu kotanya adalah Kuningan, dan terletak sekitar 250 km dari Kota Bandung dan 43 km dari Kota Cirebon.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Cirebon di utara, Kabupaten Brebes (Jawa Tengah) di timur, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) di selatan, serta Kabupaten Majalengka di barat.

Kuningan memiliki banyak daya tarik yang layak diperhatikan dan dinikmati.


mg2

Sejarah nama Kuningan memiliki banyak teori dan hipotesis. Salah satunya mengaitkan nama Kuningan dengan logam paduan kuningan yang digunakan untuk membuat alat dan patung pada zaman Megalitikum.

Ada juga teori yang mengatakan bahwa nama ini mungkin berasal dari daerah bernama "Kajéné," yang berarti "sesuatu yang berwarna kuning."

Selain itu, ada versi yang menghubungkan nama Kuningan dengan istilah "dangiang kuning," yang merupakan ilmu gaib yang dimiliki oleh penguasa awal Kuningan.

Baca juga: Bekasi Dulu Wilayah Kerajaan Bernama Segara Pasir? Simak Ini Deretan Fakta Menarik Kota Patriot di Jawa Barat

Baca juga: Pasar Terapung Tertua di Banjar Kalsel Ini Sudah Ada Sejak di Zaman Kerajaan, Begini 5 Fakta Menarik yang Bikin Tercengang

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr