Bekasi Dulu Wilayah Kerajaan Bernama Segara Pasir? Simak Ini Deretan Fakta Menarik Kota Patriot di Jawa Barat

Bekasi Dulu Wilayah Kerajaan Bernama Segara Pasir? Simak Ini Deretan Fakta Menarik Kota Patriot di Jawa Barat

Misteri! Asal Usul Daerah Bekasi hingga Menguak Jejak Baghasasi dari Zaman Prasasti Tugu-UNPLASH-

Fakta menarik Bekasi Jawa Barat 

Namun, ada lebih banyak cerita menarik yang terkait dengan Bekasi, beberapa di antaranya adalah:

1. Robin Hood Lokal (Entong Tolo): Seiring dengan perkembangan petani di Bekasi yang mencari nafkah di atas tanah partikelir, muncul pula seorang figur mirip Robin Hood lokal, yakni Entong Tolo. Pada awal abad ke-20, petani yang kesulitan membayar pajak kepada pemilik tanah mereka memberontak, dan harta benda serta hewan ternak pemilik tanah beralih menjadi milik Entong Tolo, yang membagikan hasil rampokannya untuk mengurangi penderitaan warga.



adv

2. Kerajaan Segara Pasir: Bekasi pernah memiliki Kerajaan Segara Pasir, yang merupakan kerajaan asli yang didirikan di daerah pesisir Pantai Utara Bekasi. Keberadaannya terdesak oleh dominasi Kerajaan Tarumanegara, yang menyebabkan Kerajaan Segara Pasir harus melepaskan sebagian daerahnya dan menjadikannya pangkalan militer oleh Tarumanegara.

3. Saung Ranggon: Saung Ranggon adalah bangunan bersejarah yang berdiri sejak abad ke-16 di Bekasi. Bangunan ini memiliki sejarah panjang dan dipandang sebagai simbol penting dalam budaya lokal. Saung Ranggon adalah rumah panggung yang tidak memiliki jendela, digunakan sebagai tempat persembunyian, dan saat ini menjadi cagar budaya yang berharga.

Baca juga: NGAK MASUK AKAL! Pengen Viral, Tiktoker Buat Video Makan Cacing Pita, Langsung Masuk Rumah Sakit


mg2

Baca juga: Wilayah Kabupaten Subang Bakal Pilih 14 Kecamatan Ini Keluar dan Bentuk Daerah Baru, Cek Wilayah Ini Bakal Masuk Subang Utara

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr