Bekasi Dulu Wilayah Kerajaan Bernama Segara Pasir? Simak Ini Deretan Fakta Menarik Kota Patriot di Jawa Barat

Bekasi Dulu Wilayah Kerajaan Bernama Segara Pasir? Simak Ini Deretan Fakta Menarik Kota Patriot di Jawa Barat

Misteri! Asal Usul Daerah Bekasi hingga Menguak Jejak Baghasasi dari Zaman Prasasti Tugu-UNPLASH-

RIVAL.co.id - Bekasi Dulu Wilayah Kerajaan Bernama Segara Pasir? Simak Ini Deretan Fakta Menarik Kota Patriot di Jawa Barat. 

Kota Bekasi, salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, merupakan daerah metropolitan yang terletak di wilayah Jabodetabek, dan telah tumbuh menjadi salah satu kota satelit yang sangat penting di Indonesia.



adv

Dengan populasi mencapai 2.464.719 jiwa pada tahun 2020, Bekasi terus berkembang menjadi pusat kehidupan perkotaan dan sentra industri.

Asal nama "Bekasi" sendiri memiliki filosofi yang menarik.

Secara etimologis, kata Bekasi dapat dilacak hingga kata "Chandrabhaga," yang merupakan gabungan dari "Chandra" yang berarti "bulan" dalam bahasa Jawa Kuno dan "Bhaga" yang berarti "bagian."


mg2

Jadi, secara harfiah, "Chandrabhaga" bisa diartikan sebagai "bagian dari bulan."

Baca juga: Pasar Terapung Tertua di Banjar Kalsel Ini Sudah Ada Sejak di Zaman Kerajaan, Begini 5 Fakta Menarik yang Bikin Tercengang

Baca juga: Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Banyuwangi Lengkap dengan Pesona Daya Tarik Alami, Coba Tebak Ada Apa Sebenarnya?

Seiring berjalannya waktu, kata Chandrabhaga berubah menjadi Bhagasasi, dan dalam pelafalan bahasa Belanda, sering kali ditulis sebagai "Bacassie," yang kemudian menjadi "Bekasi" seperti yang kita kenal sekarang.

Bekasi juga dikenal dengan sebutan "Bumi Patriot," sebagai penghormatan terhadap para pahlawan yang mempertahankan tanah air.

Sebelum Kota dan Kabupaten Bekasi memisahkan diri dari Jawa Barat, sejarah mencatat bahwa Bekasi adalah bagian dari Batavia (Jakarta) mulai dari abad ke-16 hingga pertengahan abad ke-20.

Kemudian, Bekasi berkembang menjadi Kota Administratif sebelum akhirnya ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya atau Kota melalui Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1996.

Baca juga: Daerah Sasaran Pemekaran Kabupaten Cirebon Ajak 18 Kecamatan Ini Keluar, Cek Daftar Terlengkap Wilayahnya dan Wacana Cirebon Timur

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr