Asal Usul Nama Bogor Bukan Berasal dari Bahasa Sunda, Ternyata Sansekerta? Ternyata Ini Sejarahnya dan Maknanya

Asal Usul Nama Bogor Bukan Berasal dari Bahasa Sunda, Ternyata Sansekerta? Ternyata Ini Sejarahnya dan Maknanya

Bogor-fachry-hadid/unplash-

RIVAL.co.id - Asal Usul Nama Bogor Bukan Berasal dari Bahasa Sunda, Ternyata Sansekerta? Ternyata Ini Sejarahnya dan Maknanya. 

Kota Bogor, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, memiliki sejarah panjang yang melibatkan perubahan nama.



adv

Peranan penting dalam perkembangan Indonesia, dan hubungan dengan berbagai kerajaan dan kolonialisme. Inilah asal usul nama dan sejarah Kota Bogor. 

Asal Usul Nama "Bogor"

Nama "Bogor" diyakini berasal dari kata dalam bahasa Sunda, "Bughur," yang artinya "alam" atau "dunia." Kata ini mungkin merujuk pada keindahan alam dan lanskap yang subur di daerah ini.

Namun, ada juga teori yang berpendapat bahwa kata "Bogor" berasal dari bahasa Arab "Buqur," yang berarti "tempat tinggal" atau "tempat peristirahatan," mengingat keindahan alam kota ini yang membuatnya menjadi tujuan populer untuk melepas penat.


mg2

Sejarah awal Bogor dapat ditelusuri hingga abad ke-4 Masehi ketika wilayah ini ditempati oleh masyarakat Sunda.

Pada abad ke-14, Bogor menjadi bagian dari Kerajaan Sunda, dan kemudian menjadi wilayah kerajaan Banten dan Mataram.

Pada abad ke-17, Bogor menjadi penting dalam sejarah kolonialisme Belanda di Indonesia. Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen memerintahkan pembangunan Benteng Herwijck di Bogor pada tahun 1617 untuk mengamankan jalur transportasi dari pelabuhan Batavia (sekarang Jakarta) ke wilayah pedalaman Jawa Barat.

Baca juga: Lampu Lalu Lintas Terlama Ada di Bogor? Simak Fakta Menarik Kabupaten Kecil di Jawa Barat yang Bikin Terkejut

Baca juga: Wilayah Kabupaten Subang Bakal Pilih 14 Kecamatan Ini Keluar dan Bentuk Daerah Baru, Cek Wilayah Ini Bakal Masuk Subang Utara

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr