Loh Gak Bahaya Ta? Kecamatan Kecil di Cianjur Ini Bakal Berubah Status Kabupaten, Siap-siap Warga Cipanas

Loh Gak Bahaya Ta? Kecamatan Kecil di Cianjur Ini Bakal Berubah Status Kabupaten, Siap-siap Warga Cipanas

cianjur-alvian-hasby/unplash-

14 kecamatan bergabung Cianjur Selatan

Pemekaran wilayah Kabupaten Cianjur merupakan respons alamiah mengingat luas wilayahnya yang mencapai 3.614 kilometer persegi, menjadikannya sebagai kabupaten terluas ketiga di Pulau Jawa.

Kabupaten Cianjur terdiri dari 32 kecamatan, 6 kelurahan, dan 354 desa, dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 2,5 juta jiwa berdasarkan data sensus Badan Pusat Statistik tahun 2022.



adv

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mendukung pemekaran wilayah ini sebagai langkah penting untuk mendorong pemerataan pembangunan di Kabupaten Cianjur.

Baca juga: Simak Syarat KUR BRI 2023 Beserta Tabel Angsuran Terlengkap! Ternyata Begini Cara Mudah Cair dan Lolos Modal UMKM

Baca juga: Profil Mahasiswa UDINUS Semarang Meninggal Diduga Bunuh Diri di Kos-Kosan dan Sempat Tulis Surat Wasiat, Inisial EN!


mg2

Kabupaten ini memiliki infrastruktur jalan yang luas, dengan 6.500 kilometer jalan desa dan 1.300 kilometer jalan kabupaten.

Pemekaran wilayah ini diharapkan akan memberikan solusi bagi pertumbuhan dan pembangunan yang lebih merata, seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang signifikan.

Pemekaran wilayah menjadi kabupaten baru atau kota baru adalah proses yang kompleks, namun dengan dukungan dari pemerintah daerah dan aspirasi masyarakat, rencana ini semakin mendekati kenyataan.

Dengan adanya pemekaran, wilayah-wilayah ini berpotensi untuk mengoptimalkan sumber daya dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr