Daerah Sasaran Pemekaran Kabupaten Cirebon Ajak 18 Kecamatan Ini Keluar, Cek Daftar Terlengkap Wilayahnya dan Wacana Cirebon Timur

Daerah Sasaran Pemekaran Kabupaten Cirebon Ajak 18 Kecamatan Ini Keluar, Cek Daftar Terlengkap Wilayahnya dan Wacana Cirebon Timur

cirebon-ervan-sugiana/unplash-

Kecamatan bergabung di Cirebon Timur

Kepadatan penduduk yang sudah mencapai angka yang cukup signifikan ini, mengundang perhatian Komite Pemekaran Cirebon Timur (KPCT).

Komite ini menekankan pentingnya percepatan pemekaran Cirebon Timur, dengan alasan kondisi geografis dan tuntutan akan pelayanan masyarakat.



adv

Dalam upaya ini, Kabupaten Cirebon Timur yang baru nantinya akan mencakup 18 dari total 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Daerah baru ini akan menghimpun sebanyak 191 desa atau kelurahan dalam lingkupnya.

Baca juga: Simak Syarat KUR BRI 2023 Beserta Tabel Angsuran Terlengkap! Ternyata Begini Cara Mudah Cair dan Lolos Modal UMKM


mg2

Baca juga: Profil Mahasiswa UDINUS Semarang Meninggal Diduga Bunuh Diri di Kos-Kosan dan Sempat Tulis Surat Wasiat, Inisial EN!

Tentu saja, perlu diingat bahwa penduduk yang akan termasuk dalam wilayah ini mencapai angka yang tak bisa dianggap remeh, yakni sekitar 944.703 jiwa, yang setara dengan sekitar 41,24 persen dari total penduduk Kabupaten Cirebon.

Kecamatan-kecamatan yang akan masuk dalam wilayah Cirebon Timur meliputi Losari, Ciledug, Pabedilan, Babakan, Mundu, Beber, Sedong, Susukan Lebak, Lemahabang, Astanajapura, Gebang, Waled, Karangwereng, Greged, Pangenan, Karangsembung, dan Pabuaran.

Perlu diingat juga bahwa perbedaan luas wilayah antara kecamatan-kecamatan ini cukup signifikan, berkisar antara 9,57 km2 (seperti Pabuaran) hingga 45,32 km2 (seperti Losari).

Demikian pula, jumlah desa atau kelurahan dalam masing-masing kecamatan berkisar antara 7 (seperti Pabuaran dan Paselaman) hingga 14 (seperti Babakan).

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr