Gimana Caranya? Simak Tips Cek SLIK Biar Gak Masuk Daftar Hitam Pas Pake Pinjol, Jangan-Jangan Ini yang Buat Kamu Susah Dapat Kerjaan?

Gimana Caranya? Simak Tips Cek SLIK Biar Gak Masuk Daftar Hitam Pas Pake Pinjol, Jangan-Jangan Ini yang Buat Kamu Susah Dapat Kerjaan?

Waktu Tersisa Sedikit! Daftar Kartu Prakerja Gelombang 61 Sekarang, Cuma Klik GABUNG! Terkahir Malam ini-pixabay-

RIVAL.co.id -Gimana Caranya? Simak Tips Cek SLIK Biar Gak Masuk Daftar Hitam Pas Pake Pinjol, Jangan-Jangan Ini yang Buat Kamu Susah Dapat Kerjaan?

Baru-baru ini, perhatian masyarakat tertuju pada berita yang melaporkan bahwa beberapa mahasiswa baru atau lulusan baru menghadapi kesulitan dalam mencari pekerjaan di salah satu perusahaan di Indonesia. Informasi tambahan mengungkapkan bahwa penolakan ini disebabkan oleh pemeriksaan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).



adv

SLIK, yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia, adalah sebuah proses pemeriksaan yang dilakukan terhadap riwayat kredit seseorang.

Proses ini bertujuan untuk menilai apakah seseorang memiliki rekam jejak kredit yang baik atau buruk, yang sangat dipengaruhi oleh sejauh mana seseorang patuh dalam melunasi berbagai jenis kredit yang pernah diambilnya.

Baca juga: Makin Viral! Biodata dan Profil Tiurmaida Situmeang, Kepala Sekolah SMP 15 Medan yang Lagi Jadi Sorotan Usai Diduga Tahan Gaji Guru, Uang Dikemanakan?


mg2

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu Friderica Widyasari Dewi, mengungkapkan bahwa OJK telah menerima keluhan dari berbagai bank terkait dengan penolakan yang semakin meningkat terhadap permohonan kredit pemilikan rumah (KPR) dari generasi muda.

Penolakan tersebut disebabkan oleh status kredit macet yang tercatat dalam SLIK mereka.

Friderica kemudian memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan pengecekan terhadap skor kredit mereka yang tercatat dalam SLIK OJK.

Hal ini dikarenakan riwayat kredit seseorang menjadi faktor yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, seperti dalam mencari pekerjaan atau mengajukan pinjaman.

Masyarakat diberikan kemudahan untuk melakukan pengecekan skor kredit mereka secara online. Proses pengecekan dapat dilakukan melalui SLIK OJK yang menyediakan layanan Ideb yang dapat diakses melalui situs idebku.ojk.go.id.

Baca juga: Gak Pake Ribet! Ini Dia Caranya Ajukan Pinjaman KUR Pertanian Rp50 Juta hingga Rp150 Juta, Bisa Dipakai Borong Pupuk Berkualitas, Cek Syaratnya!

Baca juga: Makin Gampang Gengs! Ini Dia Syarat Pinjaman KUR BRI dengan Cicilan Rp 25 Juta, 50 Juta, dan 100 Juta! Makin Variatif Bisa Nyicil Sesuai Kemampuanmu

Baca juga: Cari Duit Kilat? Pinjol Flexi Cash Jadi Solusi, Prosesnya Gak Pake Ribet, Cek Syarat dan Langkah-Langkah Pengajuan Pinjaman Aman dan Mudah

Sementara itu, OJK sendiri saat ini tengah berupaya untuk membangun sebuah pusat data Fintech Lending (Pusdafil) yang bertujuan untuk mengintegrasikan pengajuan pinjaman melalui layanan pinjaman online (pinjol) dengan sistem SLIK. Hal ini diharapkan akan membantu mempermudah proses evaluasi kredit dan memberikan kejelasan bagi para pemohon pinjaman online.

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr