Bikin Syok! Kecamatan di Jawa Barat Ini Resmi Jadi Kabupaten Hasil Pemekaran Kabupaten Karawang, Bisa Tebak Wilayah Mana?

Bikin Syok! Kecamatan di Jawa Barat Ini Resmi Jadi Kabupaten Hasil Pemekaran Kabupaten Karawang, Bisa Tebak Wilayah Mana?

karawang-wildan-hidayatulah/unplash-

RIVAL.co.id - Bikin Syok! Kecamatan di Jawa Barat Ini Resmi Jadi Kabupaten Hasil Pemekaran Kabupaten Karawang, Bisa Tebak Wilayah Mana?

Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak berhenti dalam upayanya untuk mewujudkan pemekaran wilayah yang dianggap perlu.



adv

Walaupun saat ini masih diberlakukan moratorium pemekaran daerah oleh pemerintah pusat, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tetap bersikukuh untuk mengusulkan pemekaran wilayah.

Sejak tahun 2020 hingga 2022, sudah ada delapan usulan pemekaran wilayah di Jawa Barat yang diajukan.

Ridwan Kamil menjelaskan dengan detail bahwa rencana pemekaran tersebut akan mengubah 27 kabupaten dan kota menjadi 40 kabupaten dan kota yang lebih kecil dan lebih terfokus dalam pelayanan masyarakat.


mg2

Baca juga: SEREM! Cerita Mistis yang Beredar di Danau Luas 1 Hektar di Sumatera Utara, Muncul Sosok Perempuan Misterius dan Mitos Pria Hilang?

Baca juga: Bukan Senjata Tradisi Unik di Ngawi Ini Perang Pakai Nasi? Simak 6 Daftar Fakta Unik Kota Ujung Jawa Timur yang Gak Bisa Dilupa

Dalam rentang waktu tersebut, tiga Daerah Otonom Baru (DOB) telah terbentuk pada tahun 2020. Pada tahun 2021, ada penambahan dua DOB, dan saat ini tiga DOB sedang dalam tahap persiapan.

Selain tiga DOB yang telah terbentuk, ada 17 daerah lain yang tengah bersiap untuk menjadi Daerah Otonom Baru dan saat ini tengah mengajukan proses pemekaran wilayah mereka.

Berikut adalah tiga kota baru yang tengah dalam tahap perencanaan di Jawa Barat, yang usulannya berasal dari tokoh masyarakat. 

Baca juga: Selain Jadi Rumah Masa Kecil SBY, Inilah 6 Fakta Menarik Kabupaten Pacitan yang Jarang Orang Tahu: Kota Seribu Gua?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr