Ungkap Fakta Menarik dari Latar Belakang Dua Nama Kecamatan di Bangli, Nama Tembuku Jadi Sorotan?

Ungkap Fakta Menarik dari Latar Belakang Dua Nama Kecamatan di Bangli, Nama Tembuku Jadi Sorotan?

daerah-ilya-zoria/unplash-

  1. Kintamani - Makna Kebahagiaan dalam Nama

Kintamani, suatu tempat yang menyimpan pesona alam yang luar biasa, juga memiliki asal-usul nama yang memikat. Nama "Kintamani" diyakini berasal dari kata "Cintamani" yang muncul dalam Sloka 65, yang juga dikenal sebagai Asta Guna, sebuah teks suci kuno.

Asta Guna menyebut "Cintamani" sebagai tempat yang dikehendaki, dan inilah salah satu interpretasi asal-usul nama Kintamani. Namun, pandangan lain datang dari seorang tokoh budaya dan sastra kuno setempat, I Nyoman Singgin Wikarman.



adv

Baginya, kata "Kintamani" atau "Cintamani," seperti yang tercantum dalam Kitab Weda, mengandung makna yang lebih dalam. Ini adalah tempat yang dianggap mampu memberikan kebahagiaan bagi jiwa dan raga manusia.

Baca juga: Cicilan Mulai Rp 1 Jutaan Per Bulan! KUR BCA Bisa Pinjam hingga Rp 100 Juta, Cara Cepat Cair dan Mudah

Baca juga: KUR BNI 2023 Tersedia Plafon hingga Rp 100 Juta, Cicilan 60 Bulan Lewat Online - Cara Mudah Ajukan Dana Modal Usaha Cepat Cair


mg2

Dalam nama Kintamani, terkandung sebuah janji akan kebahagiaan lahir dan batin, yang terpancar jelas dari keindahan alamnya yang menakjubkan.

Kisah-kisah ini mengungkapkan bahwa di balik setiap nama tempat, terdapat sejarah, budaya, dan makna yang mendalam. Bagi Bangli, Tembuku dan Kintamani adalah dua permata yang menceritakan kisahnya sendiri, menambah pesona eksotis pulau Bali.

Sebuah perjalanan ke sana tidak hanya akan memuaskan mata, tetapi juga jiwa, menghubungkan kita dengan akar budaya yang kaya dan alam yang mempesona.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr