Selain Jadi Rumah Masa Kecil SBY, Inilah 6 Fakta Menarik Kabupaten Pacitan yang Jarang Orang Tahu: Kota Seribu Gua?

Selain Jadi Rumah Masa Kecil SBY, Inilah 6 Fakta Menarik Kabupaten Pacitan yang Jarang Orang Tahu: Kota Seribu Gua?

daerah-raihan-aziz/unplash-

RIVAl.co.id - Selain Jadi Rumah Masa Kecil SBY, Inilah 6 Fakta Menarik Kabupaten Pacitan yang Jarang Orang Tahu: Kota Seribu Gua?

Kabupaten Pacitan, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, adalah salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Jawa.



adv

Daerah ini memiliki sejumlah daya tarik yang memukau, dari gua-gua spektakuler hingga pantai-pantai eksotis.

Untuk memahami lebih dalam mengenai keunikan Pacitan, mari kita telusuri fakta menarik yang menjadikan tempat ini begitu istimewa.

Baca juga: Cara Mudah Cicil Tunggakan BPJS Kesehatan Bisa hingga 24 Bulan, Simak Langkahnya dan Lakukan Hal Ini Pertama Kali


mg2

1. Kota Seribu Gua

Pacitan dikenal sebagai "Kota Seribu Gua" dengan alasan yang jelas. Kabupaten ini memiliki lebih dari 100 gua yang tersebar di seluruh wilayahnya.

Salah satu gua yang menakjubkan di Pacitan adalah Goa Gong, yang diberi nama karena sering terdengar suara gong saat berada di dalamnya.

Gua ini terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya serta pencahayaan warna-warni yang menambah pesonanya.

Pacitan juga menawarkan Goa Kalak dan Goa Tabuhan, yang juga memiliki cerita dan keindahan uniknya masing-masing.

2. Tradisi Ceprotan

Di Desa Sekar, Kecamatan Donorejo, terdapat tradisi unik yang disebut Ceprotan. Ritual ini dilaksanakan setahun sekali pada bulan Dzulqaidah (Longkang) menurut kalender Jawa.

Tujuan dari tradisi ini adalah sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas segala berkah yang diberikan. Upacara Ceprotan melibatkan tarian, pengumpulan ayam dari beberapa warga, dan upacara khusus pada senja hari.

Baca juga: Rahasia di Balik Medan Petisah: Kisah Asal-Usul 3 Nama Kecamatan di Sumatera Utara Berasal dari Singkatan, Tebak Sekarang?

Baca juga: KUR BNI 2023 Tersedia Plafon hingga Rp 100 Juta, Cicilan 60 Bulan Lewat Online - Cara Mudah Ajukan Dana Modal Usaha Cepat Cair

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr