Jadwal Perkiraan Hujan di Jawa Timur menurut BMKG: Jombang, Blitar dan Mojokerto Ternyata Selesai Musim Kemarau Pada Bulan Ini

Jadwal Perkiraan Hujan di Jawa Timur menurut BMKG: Jombang, Blitar dan Mojokerto Ternyata Selesai Musim Kemarau Pada Bulan Ini

ilustrasi-osman-rana/unplash-

Perkiraan hujan di Jawa Timur 

Bulan November 2023

Menjelang bulan November 2023, kita dapat mengantisipasi kedatangan musim hujan di sejumlah daerah.



adv

Sebanyak 32 Zona Musim (ZOM) atau setara dengan 43,2 persen dari total ZOM akan memasuki musim hujan pada bulan ini.

Beberapa daerah yang termasuk dalam zona ini antara lain Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, dan Tulungagung.

Ini adalah kabar baik untuk mereka yang telah lama menantikan datangnya hujan setelah periode kemarau yang panjang.


mg2

Bulan Desember 2023

Menginjak bulan Desember 2023, lebih banyak daerah yang akan merasakan guyuran hujan. Sekitar 41 ZOM atau 55,4 persen akan memasuki musim hujan pada bulan ini.

Daerah yang masuk dalam zona musim hujan Desember ini mencakup Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, sebagian Kediri, sebagian Kota Kediri, sebagian Kota Mojokerto, sebagian Kota Madiun, sebagian Kota Pasuruan, Kota Surabaya, Kota Lamongan, sebagian Kota Lumajang, sebagian Madiun, sebagian Magetan, sebagian Mojokerto, Nganjuk, sebagian Pacitan, sebagian Pasuruan, sebagian Ponorogo, sebagian Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, sebagian Tuban, dan sebagian Tulungagung. Kehadiran hujan di bulan Desember ini akan membawa kesegaran baru dan menghidupkan kembali tanaman serta sumber air di berbagai wilayah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr