Kapan DKI Jakarta Hujan Menurut BMKG? Simak Jadwal Lengkap Awal Musim Hujan Beserta Prediksi Berapa Lama

Kapan DKI Jakarta Hujan Menurut BMKG? Simak Jadwal Lengkap Awal Musim Hujan Beserta Prediksi Berapa Lama

Hujan-daniella-dolso/unplash-

RIVAL.co.id - Kapan DKI Jakarta Hujan Menurut BMKG? Simak Jadwal Lengkap Awal Musim Hujan Beserta Prediksi Berapa Lama. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prediksi bahwa musim kemarau di Indonesia akan berakhir pada Oktober.



adv

Selanjutnya, musim hujan diharapkan akan tiba secara bertahap, mulai dari November 2023.

Awal musim hujan tidak akan terjadi secara serentak, karena Indonesia memiliki keragaman iklim yang tinggi. Puncak musim hujan diproyeksikan terjadi pada Januari hingga Februari 2024 mendatang.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, mengatakan, "Sesuai prediksi BMKG, puncak dampak El Nino terjadi pada bulan September, namun tadi kami juga menganalisis dari data satelit yang terkini, terlihat Oktober ini nampaknya intensitas El Nino belum turun. Fenomena El Nino ini diprediksi masih akan terus bertahan hingga tahun depan."


mg2

Diketahui bahwa El Nino dengan tingkat moderat akan berlangsung hingga Februari-Maret 2024. Sementara itu, awal musim hujan terkait dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia.

"Kami sudah melihat bahwa Monsun Asia telah memasuki wilayah Indonesia," ujar Dwikorita. Hal ini menandakan bahwa awal musim hujan diperkirakan akan tiba pada bulan depan.

Baca juga: Info LOKER! Berikut Lowongan Pekerjaan PT Pos Properti Terbuka bagi Lulusan S1: Simak Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Baca juga: Ramai Jadi Perbincangan Warganet, Sayembara Desain Logo Badan Karantina Indonesia Viral TikTok, Ada Apa?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr