Meski Tak Berbahaya, Gumpalan Hitam di Pantai Krakal Gunungkidul Disebut DLH Tetap Waspada, Mengapa?

Meski Tak Berbahaya, Gumpalan Hitam di Pantai Krakal Gunungkidul Disebut DLH Tetap Waspada, Mengapa?

ilustrasi-xai-moore/unplash-

Kabar terkini gumpan hitam di Pantai Gunungkidul 

Namun, beberapa bagian gumpalan tersebut masih menempel pada batu dan karang yang terletak di wilayah pasang surut air laut. Tidak hanya itu, sejumlah gumpalan hitam juga masih tersebar di sepanjang bibir pantai.

Marjono, Koordinator SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Baron, mengungkapkan bahwa tim SAR dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul telah memulai upaya membersihkan gumpalan hitam tersebut sejak Minggu (8/10).



adv

Mereka menggunakan sarung tangan lateks dan berkolaborasi dengan hati-hati membersihkan gumpalan yang ada di sepanjang Pantai Krakal.

Baca juga: Nonton Drama Korea Doona (2023) di Mana? Berikut Jadwal Tayang, Daftar Pemain Beserta Platfom Streaming Legal Terbaik!

Baca juga: Terletak Diantara 2 Kabupaten, Waduk di Jawa Timur Ini Punya Banyak Kelebihan, Selain Indahnya Bak Istana Dewa Dewi Juga Bermanfaat Untuk?


mg2

"Sudah dilakukan pembersihan pada hari Minggu. Tim pembersih pantai dari DLH menggunakan sarung tangan lateks dan gumpalan tersebut kemudian dikubur di pasir," ujar Marjono. 

Dampak dari gumpalan hitam ini telah cukup serius, terutama terhadap biota laut. Berbagai jenis hewan laut, seperti kepiting dan siput laut, terlihat mati di sekitar area gumpalan hitam. Bahkan, gumpalan tersebut tampak menempel pada tubuh kepiting yang mati.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr