Melacak Akar Sejarah Kota Santri! Inilah Fakta Menarik Asal Usul dari Kata JOMBANG, Benarkah Tertuai Akibat Hasil Peperangan Kebo Kicak?

Melacak Akar Sejarah Kota Santri! Inilah Fakta Menarik Asal Usul dari Kata JOMBANG, Benarkah Tertuai Akibat Hasil Peperangan Kebo Kicak?

ilustrasi sawah-motlancuoi2018/pixabay-

Rival.co.id - Melacak Akar Sejarah Kota Santri! Inilah Fakta Menarik Asal Usul dari Kata JOMBANG, Benarkah Tertuai Akibat Hasil Peperangan Kebo Kicak?

Ketika kita membicarakan Jombang, kita tak hanya mengucapkan sebuah nama, tetapi juga sebuah akronim yang sarat dengan makna mendalam dalam bahasa Jawa.



adv

Kata "Jombang" berasal dari gabungan dua kata, "ijo" dan "abang," yang masing-masing mewakili dua kelompok sosial yang begitu berbeda di masyarakat Jawa.

Baca juga: Keindahan Solo Tidak Dapat Diragukan Lagi, Inilah Destinasi Wisata Sumber Pengetahuan dan Sejarah, Sungguh Menarik Wisatawan!

Baca juga: Baca Manhwa Return of the Flowery Mountain Chapter 93 Bahasa Indonesia, Full Boocoran Cerita dan Spoiler Sub Indo Legal Bukan di Komikcast


mg2

Baca juga: Persaingan Ketat! Penasaran dengan Daerah Penghasil Kentang Terbesar di Jawa Tengah, Antara Wonosobo dan Banjarnegara Terbanyak Siapa?

"Ijo," yang merujuk pada warna hijau, melambangkan kaum santri, yaitu mereka yang menjalani kehidupan spiritual dan religius dalam tradisi Islam.

Sementara "abang," yang bermakna merah, melambangkan kaum abangan, kelompok yang lebih cenderung pada nasionalisme dan kejawen.

Kisah ini bukanlah semata-mata sebatas kata-kata, namun sebuah filosofi yang hidup dan terasa dalam keseharian masyarakat Jawa.

Filosofi ini tak lepas dari kisah epik dua tokoh legendaris, yaitu Kebo Kicak dan Surontanu, yang telah menjadi bagian integral dari sejarah Jombang.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr