Nggeri Kali! Beginilah Cerita Mistis Tentang Wedhus Kendit yang Dipersembahkan dalam Upacara Pesugihan di Gunung Kawi

Nggeri Kali! Beginilah Cerita Mistis Tentang Wedhus Kendit yang Dipersembahkan dalam Upacara Pesugihan di Gunung Kawi

ilustrasi kambing-ambquinn/pixabay-

Rival.co.id - Nggeri Kali! Beginilah Cerita Mistis Tentang Wedhus Kendit yang Dipersembahkan dalam Upacara Pesugihan di Gunung Kawi.

Dalam sebuah ekspedisi yang berlangsung selama lebih dari dua bulan, penelitian yang dilakukan oleh tim Artha Kawi telah mengungkap sejumlah fakta menarik.



adv

Fakta-fakta ini terkait dengan konsep unik yang melibatkan pesugihan Gunung Kawi, yang mana "harta dibalas nyawa" menjadi pusat perhatian dalam praktik ini.

Baca juga: Terletak Diantara 2 Kabupaten, Waduk di Jawa Timur Ini Punya Banyak Kelebihan, Selain Indahnya Bak Istana Dewa Dewi Juga Bermanfaat Untuk?

Baca juga: Ungkap Fakta Menarik Kupang, Sumba dan Lembata dalam Provinsi NTT, Ternyata Punya Asal-Usul Menarik yang Tersembunyi!


mg2

Baca juga: Wisata Baru! Sebut Istana Gunung Mas di Lamongan Jawa Timur Berlatar Merah Bak Kerajaan China, Intip Bocoran Harga Tiket Pengunjung!

Konsep ini menggambarkan pengorbanan yang harus dilakukan oleh para pelaku pesugihan demi mencapai tujuan pribadi mereka.

Salah satu unsur yang menonjol dalam praktik pesugihan ini adalah penggunaan kambing sebagai tumbal. Namun, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi dalam pemilihan kambing sebagai tumbal, yaitu kambing tersebut harus memiliki corak sabuk melingkar pada bagian perutnya.

Kambing dengan ciri khas ini sering disebut sebagai "wedhus kendit." Kambing jenis ini, menurut kepercayaan umum, digunakan sebagai sarana ritual untuk mengusir bala atau kesialan.

Menariknya, dalam penelitian ini, tim Artha Kawi menemukan bahwa banyak pelaku pesugihan melakukan ritual ini pada hari-hari tertentu, seperti malam Jumat Legi atau Malam 1 Suro.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr