Latar Belakang Tak Biasa! Inilah Asal Mula Nama Daerah di Provinsi NTT, Ternyata Diambil dari Fenomena Alam dan Sejarah!

Latar Belakang Tak Biasa! Inilah Asal Mula Nama Daerah di Provinsi NTT, Ternyata Diambil dari Fenomena Alam dan Sejarah!

daerah-ilya-zoria/unplash-

Seiring berjalannya waktu, kata "Koenpan" mengalami transformasi hingga akhirnya menjadi "Kupang" yang kita kenal sekarang. Sebuah perjalanan sejarah yang menarik dalam proses perubahan nama suatu daerah.

Lembata



adv

Nama "Lembata" memiliki akar yang terkait dengan sejarah yang menyedihkan. Nama ini berasal dari dua pulau yang pernah berada di wilayah tersebut, yaitu Lepan dan Batan.

Sayangnya, kedua pulau ini tenggelam akibat bencana pada abad ke-14, masa Zaman Majapahit. Nama "Lembata" menjadi pengingat akan keberadaan pulau-pulau tersebut yang kini hanya ada dalam kenangan sejarah, sebuah penghormatan bagi sejarah yang hilang.

Manggarai


mg2

Asal-usul nama Manggarai memiliki kaitan dengan perantau asal Minangkabau Sumatera Barat, Empo Masur keturunan raja Luwu.

Baca juga: Sering Blunder dan Main Buruk, Andre Onana Dibilang Lebih Buruk dari David de Gea

Baca juga: Belanja Akhir atau Awal Bulan? Berikut Rekomendasi Mall Terbaik di Sleman, Terkenal Brand Lokal Maupun Luar Negeri!

Nama ini berasal dari kata "Manggar" yang merujuk pada batu yang digunakan sebagai watu jangkar (batu penahan) wangka (perahu) untuk berhenti.

Selain itu, ada juga kata "Rai" yang berasal dari kata "watu rai" yang berarti batu asah. Gabungan kedua kata dari batu tersebut menjadi dasar pemberian nama "Manggarai," sebuah cerminan dari perjalanan dan warisan budaya perantau Minangkabau.

Dalam sejarah asal-usul nama-nama daerah ini, kita dapat menemukan potret menarik tentang budaya, identitas, dan perjalanan sejarah yang melintasi Nusa Tenggara Timur.

Dalam setiap nama, terkandung cerita yang menghubungkan kita dengan masa lalu yang kaya akan warna dan makna.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr