Latar Belakang Tak Biasa! Inilah Asal Mula Nama Daerah di Provinsi NTT, Ternyata Diambil dari Fenomena Alam dan Sejarah!

Latar Belakang Tak Biasa! Inilah Asal Mula Nama Daerah di Provinsi NTT, Ternyata Diambil dari Fenomena Alam dan Sejarah!

daerah-ilya-zoria/unplash-

Rival.co.id - Latar Belakang Tak Biasa! Inilah Asal Mula Nama Daerah di Provinsi NTT, Ternyata Diambil dari Fenomena Alam dan Sejarah!

Kita akan mengajak Anda dalam perjalanan mengungkap kisah sejarah dan makna yang menghiasi nama-nama tak biasa di provinsi ini.



adv

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa daerah di Nusa Tenggara Timur menarik yang pasti akan memikat minat Anda.

Baca juga: Ungkap Fakta Menarik Kupang, Sumba dan Lembata dalam Provinsi NTT, Ternyata Punya Asal-Usul Menarik yang Tersembunyi!

Baca juga: Yamaha Memutuskan Tidak Mengejar Kecepatan di Industri Otomotif dan Ini adalah Alasannya yang Menarik!


mg2

Baca juga: Sempatkan Diri Anda untuk Ikut Lelang PS5, Nintendo Switch Serta Benda Kualitas Lainnya oleh Kemenkeu dengan Penawaran Bagus!

Sumba

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata "Sumba"? Sebuah pulau indah yang terletak di sebelah selatan NTT, bukan? Ternyata, nama "Sumba" memiliki asal-usul yang cukup menarik.

Kata "Sumba" berasal dari kata "Humba." Namun, yang membuatnya begitu menarik adalah makna asli dari kata "Humba" ini.

Masyarakat Sumba sering menyebut diri mereka sebagai "Tau Humba," yang secara harfiah berarti penduduk asli pulau Sumba. Dengan begitu, nama pulau ini seakan menghidupkan kembali sejarah dan identitas unik masyarakatnya.

Kupang

Cerita di balik nama Kupang tidak kalah menarik. Awalnya, daerah ini dikenal dengan sebutan "Kai Salun-Buni Baun," yang digunakan oleh orang Helong (Masayara).

Kisah ini berawal dari perintah seorang raja bernama Raja Koen Biss II atau Koen Am Tuan kepada warganya untuk membangun pagar baru di sekitar istana.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr