Ada yang Ludes? Fakta Kebakaran Museum Nasional Apa Penyebabnya dan Apa Isinya yang Terancam Rusak Dimakan Jago Api?

Ada yang Ludes? Fakta Kebakaran Museum Nasional Apa Penyebabnya dan Apa Isinya yang Terancam Rusak Dimakan Jago Api?

ilustrasi Ada yang Ludes? Fakta Kebakaran Museum Nasional Apa Penyebabnya dan Apa Isinya yang Terancam Rusak Dimakan Jago Api?-PEXEL-

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengungkapkan bahwa penyebab kebakaran adalah letupan dari sistem pendingin udara (AC) di bangunan nonpermanen yang sedang dalam proses pekerjaan di bagian belakang gedung.

Api kemudian menyebar ke bangunan permanen yang merupakan bagian dari kompleks Museum Nasional.



adv

"Penyebabnya dari bedeng yang sedang ada pengerjaan di bagian belakang. Bedeng tukang," ujar Satriadi.

Berita baiknya, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Meskipun demikian, Museum Nasional telah ditutup sementara untuk umum sebagai tindakan pencegahan lebih lanjut. Waktu pembukaan kembali museum ini belum ditentukan.

Baca juga: Bukan Cuma Solo Jogja Bro! 10 Kota Biaya Hidup Murah di Indonesia Bikin Dompet Makin Gemuk!


mg2

Baca juga: Hemat Abis! 10 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Terjangkau Alias Murahnya Kelewatan, Selain Jogja dan Solo!

Investigasi Dilakukan

Dalam upaya mengatasi peristiwa tragis ini, Tim investigasi telah dibentuk untuk menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di Museum Nasional.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim telah mendorong pihak kepolisian untuk segera memulai investigasi yang diperlukan.

Nadiem mengungkapkan perasaan sedih atas insiden ini dan menyatakan bahwa ini adalah sebuah kejadian yang sangat mengguncang.

Ia juga menjelaskan bahwa telah berkomunikasi dengan aparat kepolisian untuk menggalakkan proses investigasi guna mengungkap alasan dan penyebab kebakaran tersebut. Pernyataan ini disampaikan oleh Nadiem di Museum Nasional, Jakarta Pusat, pada dini hari hari Minggu (17/9/2023).

"Jadi ini merupakan hal yang sangat menyedihkan buat kami bahwa ini bisa terjadi. Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk bisa segera melakukan investigasi mengenai apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," kata Nadiem.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr