Ungkap Fakta Menarik Kupang, Sumba dan Lembata dalam Provinsi NTT, Ternyata Punya Asal-Usul Menarik yang Tersembunyi!

Ungkap Fakta Menarik Kupang, Sumba dan Lembata dalam Provinsi NTT, Ternyata Punya Asal-Usul Menarik yang Tersembunyi!

Ilustrasi daerah-dilshad3/pixabay-

Kisah ini berawal dari perintah seorang raja bernama Raja Koen Biss II atau Koen Am Tuan kepada warganya untuk membangun pagar baru di sekitar istana.

Seiring berjalannya waktu, kata "Koenpan" mengalami transformasi hingga akhirnya menjadi "Kupang" yang kita kenal sekarang. Sebuah perjalanan sejarah yang menarik dalam proses perubahan nama suatu daerah.



adv

Lembata

Nama "Lembata" memiliki akar yang terkait dengan sejarah yang menyedihkan. Nama ini berasal dari dua pulau yang pernah berada di wilayah tersebut, yaitu Lepan dan Batan.

Baca juga: Yamaha Memutuskan Tidak Mengejar Kecepatan di Industri Otomotif dan Ini adalah Alasannya yang Menarik!


mg2

Baca juga: Wisata Baru! Sebut Istana Gunung Mas di Lamongan Jawa Timur Berlatar Merah Bak Kerajaan China, Intip Bocoran Harga Tiket Pengunjung!

Sayangnya, kedua pulau ini tenggelam akibat bencana pada abad ke-14, masa Zaman Majapahit. Nama "Lembata" menjadi pengingat akan keberadaan pulau-pulau tersebut yang kini hanya ada dalam kenangan sejarah, sebuah penghormatan bagi sejarah yang hilang.

Manggarai

Asal-usul nama Manggarai memiliki kaitan dengan perantau asal Minangkabau Sumatera Barat, Empo Masur keturunan raja Luwu.

Nama ini berasal dari kata "Manggar" yang merujuk pada batu yang digunakan sebagai watu jangkar (batu penahan) wangka (perahu) untuk berhenti.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr