Ungkap Fakta Menarik Kupang, Sumba dan Lembata dalam Provinsi NTT, Ternyata Punya Asal-Usul Menarik yang Tersembunyi!

Ungkap Fakta Menarik Kupang, Sumba dan Lembata dalam Provinsi NTT, Ternyata Punya Asal-Usul Menarik yang Tersembunyi!

Ilustrasi daerah-dilshad3/pixabay-

Rival.co.id - Ungkap Fakta Menarik Kupang, Sumba dan Lembata dalam Provinsi NTT, Ternyata Punya Asal-Usul Menarik yang Tersembunyi!

Nusa Tenggara Timur (NTT) memang terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona, namun siapa sangka, di balik kecantikan tersebut terdapat cerita menarik mengenai asal-usul nama beberapa daerahnya.



adv

Kita akan mengajak Anda untuk mengulik lebih dalam mengenai empat daerah di NTT yang memiliki sejarah nama yang unik dan tak terduga.

Baca juga: Sinopsis Drama Korea Romantis Perdana Doona (2023), Dibintangi Aktris Papan Atas Suzy: Ketika Mahasiswa Biasa Bertemu Mantan Idol K-Pop!

Baca juga: Film Mount Chiak Kapan Tayang? Cek Jadwal Tayang Perdana Berikut Lengkap Sinopsis, Daftar Pemain dan Lokasi Nonton!


mg2

Baca juga: Sering Blunder dan Main Buruk, Andre Onana Dibilang Lebih Buruk dari David de Gea

Sumba

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata "Sumba"? Sebuah pulau indah yang terletak di sebelah selatan NTT, bukan? Ternyata, nama "Sumba" memiliki asal-usul yang cukup menarik.

Kata "Sumba" berasal dari kata "Humba." Namun, yang membuatnya begitu menarik adalah makna asli dari kata "Humba" ini.

Masyarakat Sumba sering menyebut diri mereka sebagai "Tau Humba," yang secara harfiah berarti penduduk asli pulau Sumba. Dengan begitu, nama pulau ini seakan menghidupkan kembali sejarah dan identitas unik masyarakatnya.

Kupang

Cerita di balik nama Kupang tidak kalah menarik. Awalnya, daerah ini dikenal dengan sebutan "Kai Salun-Buni Baun," yang digunakan oleh orang Helong (Masayara).

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr