Alih-alih Fokus Pada Pembangunan! Kabar Pemekaran Provinsi Riau Justru Bikin Menohok, Fakta atau Bohong? Pekanbaru di Ujung Tanduk

Alih-alih Fokus Pada Pembangunan! Kabar Pemekaran Provinsi Riau Justru Bikin Menohok, Fakta atau Bohong? Pekanbaru di Ujung Tanduk

Gak Banyak yang Tahu! Sejarah dan Asal-usul Nama Pontianak, Benarkah Datang Dari Legenda Hantu Kuntilanak hingga Hari Tanpa Bayangan-UNPLASH-

Kabar 5 kabupaten pilih provinsi baru 

Isu mengenai pemekaran wilayah Riau telah menjadi topik perbincangan sejak lama.

Pemekaran ini diusulkan dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan, mempersingkat rentang kendali pemerintahan, serta meningkatkan pelayanan publik demi kesejahteraan masyarakat.



adv

Ada lima kabupaten dan kota yang direncanakan akan bergabung membentuk provinsi baru ini, antara lain Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kota Dumai.

Nama yang telah diusulkan untuk provinsi baru hasil dari pemekaran ini adalah Provinsi Riau Pesisir, dengan Kota Dumai sebagai ibu kota dan pusat pemerintahannya.

Baca juga: Wacana Pemekaran Provinsi Sulsel Makin Kuat! Calon Ibukota Palopo Punya Segudang Keunggulan dan Peran Penting, Apa Itu?


mg2

Baca juga: Kapan Drama China Jin Jie De Zhu Mu (2023) Episode 19 SUB Indo Ditayangkan? Intip Bocoran Jadwal Tayang Perdana di Sini!

Kota Dumai, yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkalis, memiliki luas wilayah mencapai 1.623,38 kilometer persegi.

Selain itu, wilayah lain yang akan dimekarkan dari Riau termasuk Provinsi Riau Pesisir, Kabupaten Gunung Sailan Darussalam, Kota Duri, dan Kabupaten Rokan Darussalam.

Namun, penting untuk diingat bahwa isu pemekaran ini saat ini masih dalam tahap wacana dan belum melewati proses yang panjang. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan persetujuan dan peran aktif dari pemerintah pusat.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr