Pulau Jawa Bakal Nambah Provinsi Baru! Jawa Timur Terpilih Bentuk 3 Daerah Baru, Kabupaten Apa Saja?

Pulau Jawa Bakal Nambah Provinsi Baru! Jawa Timur Terpilih Bentuk 3 Daerah Baru, Kabupaten Apa Saja?

Ilustrasi. 97,7 KM dari Medan! Ini Air Terjun Memukau Sumatera Utara Dekat Danau Toba, Emang Boleh Secantik Ini?-r3dmax/unsplash-

Selanjutnya, terdapat Provinsi Madura dengan ibu kota Kota Pamekasan. Provinsi Madura akan meliputi daerah Bangkalan, Sampang, Sumenep, dan Pamekasan.

Terakhir, terdapat Provinsi Blambangan dengan ibu kota Jember. Provinsi Blambangan akan mencakup Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Lumajang.



adv

Pemekaran ini jika benar adanya akan menjadi langkah penting dalam pengembangan regional di Jawa Timur.

Dengan terbentuknya provinsi-provinsi baru, diharapkan pemerintahan dan pelayanan publik dapat lebih terfokus dan efisien dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

Baca juga: Kabupaten Pariaman Sumbar Punya Dua Mata Uang? Ternyata Ini 5 Fakta Menarik Daerah di Sumatera yang Jarang Diketahui


mg2

Baca juga: Ditemukan 4 Daerah Ramai di Provinsi Lampung: Nomor 1 Tak Berada di Lampung Timur, Apa Wilayahnya?

Fakta Pemekaran Jawa Timur

Namun, setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jawa Timur, Jempin Marbun, mengungkapkan bahwa kabar mengenai pembentukan tiga provinsi baru di Jawa Timur adalah tidak benar alias hoaks.

Dalam keterangannya kepada detikjatim, Jempin menegaskan bahwa sumber informasi mengenai pemekaran tersebut tidak jelas dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Ia menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada undang-undang terkait pemekaran wilayah dan penambahan provinsi di Jawa Timur.

"Ya, hoaks, itu juga tidak jelas dari mana sumbernya," ujar Jempin pada Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Keuntungan Menarik dari Program KUR BRI 2023 untuk UMKM, Begini Cara Dapatkan Bunga Rendah

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr