Kabupaten Baru Pemekaran Banten Bikin Syok! Resmi, 7 Kecamatan Ini Pilih Caringin dan Keluar dari Pandeglang Demi DOB

Kabupaten Baru Pemekaran Banten Bikin Syok! Resmi, 7 Kecamatan Ini Pilih Caringin dan Keluar dari Pandeglang Demi DOB

Peta Banten--

Data Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk

Calon Kabupaten Caringin akan memiliki luas wilayah sekitar 280,4 kilometer persegi, atau sekitar 13 persen dari luas wilayah Kabupaten Pandeglang yang mencapai 2.727 kilometer persegi.

Sementara itu, jumlah penduduk Kabupaten Caringin diperkirakan mencapai 214.443 jiwa, atau sekitar 16 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Pandeglang yang mencapai 1.272.687 jiwa menurut hasil sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020.

Batas Wilayah Calon Kabupaten Caringin



adv

Calon Kabupaten Caringin akan memiliki batas wilayah yang menarik. Di sebelah utara, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Serang.

Di sebelah timur, batas wilayahnya berada di antara Kabupaten Pandeglang yang merupakan kabupaten induk.

Di sebelah selatan, Kabupaten Caringin akan berbatasan dengan Kabupaten Pandeglang, sementara di sebelah barat, wilayahnya akan berbatasan dengan Selat Sunda.


mg2

Baca juga: Jadwal Konser HIVI x Hanasui di Kasablanka Jakarta Oktober 2023: Simak Agenda 7 Hari Penuh Cantik Bersama Guardian

Baca juga: Mengenal Apa Itu Platonic Relationship? Viral di Tiktok Hubungan Sepasang Kekasih Saling Sindir, Awalnya Cuma Sahabatan

Potensi Ekonomi dan Pariwisata

Masyarakat Kabupaten Caringin sebagian besar mengandalkan hasil perikanan sebagai sumber mata pencaharian, selain beraktivitas di sektor pertanian, peternakan, dan perkebunan. Hasil peternakan utamanya meliputi sapi potong, domba, dan ayam. Di bidang pertanian, selain padi, terdapat produksi beragam umbi-umbian, sayuran, dan palawija.

Dalam sektor pariwisata, Kabupaten Caringin memiliki potensi dengan sungai dan lembah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pantai Carita menjadi salah satu objek wisata terkenal, sementara kawasan wisata Laba dan Cikedal juga menarik minat para pengunjung. Kecamatan Jiput terkenal sebagai produsen emping melinjo terbesar.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr